SAFETY DRIVING PADA OPERATOR FORKLIFT DI PERTAMBANGAN (Study analitik di departemen Finishing Production PT. Antam Tbk, UBP Nikel Sulawesi Tenggara)

Noni Widhirexy Novita, Arlin Adam, Muslimin Muslimin

Abstract


Safety Driving adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keadaan dalam berkendara, demi menciptakan suatu kondisi, yang mana kita berada pada titik tidak membahayakan pengendara lain dan menyadari kemungkinan bahaya yang dapat terjadi di sekitar kita serta pemahaman akan pencegahan dan penanggulangannya.

 Forklift adalah alat yang memungkinkan seseorang untuk mengangkat dan menempatkan barang dengan beban yang berat dan besar. Namun, ada risiko cidera atau kematian apabila operator forklift belum terlatih untuk menggunakan forklift.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan pelatihan dan lisensi, hubungan pengawasan, dan hubungan sikap pengemudi dengan safety driving pada operator forklift di PT. Antam Tbk, UBP Nikel Sulawesi Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah sampel sebanyak 58orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan pelatihan dan lisensi dengan safety driving pada operator forklift (p=0,003), ada hubungan pengawasan dengan safety driving pada operator forklift (p=0,000), ada hubungan sikap pengemudi dengan safety driving pada operator forklift (p=0,008).

Disarankan agar perusahaan lebih mempehatikan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan berkendara pada operator forklift. Sehingga operator forklift dapat mengoperasikan alat dengan benar, sehat dan selamat.

Kata Kunci:

Safety driving, pelatihan dan lisensi, pengawasan, sikap

Full Text:

PDF Plagiarism Check

References


DAFTAR PUSTAKA

Ayuningtyas Muthia. 2016. Praktik-praktik Yang Berhubungan Dengan Safety Driving Pada Pengemudi Road Tank Di PT. Pertamina Asset 4 Field Cepu. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Diponegoro. Semarang.

Amy Syadidan Sabtu. 2013. Konsep, Definisi dan Penjelasan Lengkap Safety Riding.http://jlokowor.blogspot.co.id/2013/05/konsep-definisi-dan-penjelasan-lengkap.html

Health and Safety Experiance. 2012. Workplace Transport In Great Britain. London.

Kalit Hidayat Budi Nugroho, 2017 Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Safety Driving Pada Operator Forklift Di Area Kerja Warehouse PT. X Jakarta. Bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Kurniawidjaja, 2010, Teory dan Aplikasi Tenaga Kerja http://www.teoripendidikan.com/2015/01/contoh-makalah-keselamatan-dan.html?m=1.

Kurniawan B, Lestantyo D, Murtiningsih D. 2006. Hubungan Karasteristik Pekerja Dengan Praktik Penerapan Prosedur Keselamatan Kerja. Di Bina Kimia Ungaran.

Nurcahyo Adinugroho, Bina Kurniawan, Ida Wahyuni. 2014. Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Safety Driving. Mahasiswa Bagian Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Petra. 2007. Kecelakaan Kerja Dan Implementasi Peraturan Keselamatan Kerja Pada Penggunaan Crane dan Excavator. Jakarta.

Qorotulaini. 2016. Faktor Yang Berhubungan Dengan Safety Riding Pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Sebagai Pengendara Sepeda Motor. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Slamet. 2014. Analisis Perbedaan Pengetahuan Sikap dan Praktik Kecelakaan Kerja Sebelum dan Sesudah Sosialisasi K3. Di Perusahaan Informal Trimulyo Juana. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Dineponegoro.

Siti Halimah. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Aman Pekerja di PT. Sim Plant Tambun 2. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Utommy Sendi. 2007. Gambaran Tingkat Kepatuhan Pekerja Dalam Mengikuti Prosedur Operasi Pada Pekerja Operator Dump Truck Di PT. Kaltim Prima Coal. Skripsi Depok : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v19i1.1053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia