TINGKAT KUANTITATIF PENCEMARAN LOGAM BERAT TIMBEL (Pb) DALAM UDARA AMBIEN DI TERMINAL MALENGKERI KOTA MAKASSAR

Andi Ruhban, Nurwahidah wahidah

Abstract


ABSTRAK

 

Pencemaran udara yaitu masuknya zat pencemar (berbentuk gas-gas dan partikel kecil/aerosol) ke dalam udara seperti timbel (Pb).Timbel (Pb) yang mencemari udara terdapat dalam dua bentuk, yaitu dalam bentuk gas dan partikel-partikel.Aerosol Timbel (Pb) sebagian besar dihasilkan dari asap kendaraan bermotor dan industry yang menggunakan bensin. Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran tentang pencemaran logam berat timbel (Pb) pada udara ambien di sekitar Terminal Malengkeri Kota Makassar.Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan deskriptif dengan pengambilan sampel pada tiga lokasi masing-masing satu titik. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil kandungan logam berat timbel (Pb) di pintu masuk yaitu 0,022 µg/Nm3, di bagian tengah yaitu 0,009 dan di pintu keluar Terminal Malengkeri µg/Nm3,Kota Makassar yaitu 0,027µg/Nm3. Hasil penelitian tersebut sesuai dengan Lampiran Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 69 Tahun 2010 Tentang Baku Mutu & Kriteria Kerusakan Lingkungan setelah pengujian satu jam pengukuran yaitu 2 µg/Nm3. Meskipun demikian disarankan adanya penghijauan dan penanaman pohon di kawasan Terminal Malengkeri Kota Makassar, karena pohon dapat menyerappenyebaran timbel (Pb) di udara.

 Kata Kunci                   : Timbel (Pb), Udara Ambien, dan Terminal.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2014. Upaya Penurunan Tingkat Pencemaran Timbal (Pb) di Perkotaan Menuju Green City. (online) (https://kesehatanlingkungankesmas.wordpress.com/2014/12/28/upaya-penurunan- tingkat-pencemaran-timbal-pb-di-perkotaan-menuju-green-city/, diakses pada tanggal 22 Desember 2015)

Budianto, Ardi. 2015. Bahaya Emisi Gas Buang Karbon Monoksida (CO) dan Timbel (Pb) Akibat Pembakaran Tidak Sempurna Kendaraan Bermotor Sebagai Polutan Udara. (online) (Ardibudianto.web.unej.ac.id, diakses pada tanggal 22 Desember 2015)

Budiman. 2007. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Departemen Hubungan. 2014. Jumlah Kendaraan di Provinsi Sulawesi Selatan. (online) (http://dephub.go.id/berita/baca/benahi-transportasi-kota-makassar,--harus-ada-langkah-ekstrim/?cat=QmVyaXRhfHNlY3Rpb24tNjU, diakses pada tanggal 22 Desember 2015)

Dahlan, Rishar dkk. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kandungan Timbal (Pb) dalam Udara Ambien di Wilayah Sekolah Dasar di Kawasan Pesisir Kota Makassar. (online) (JURNAL. Pdf, diakses pada tanggal 15 Desember 2015)

Kementerian Perhubungan . 2010. Data Prasana Terminal. (online) (http://gis.dephub.go.id/mapping/Prasarana/TerminalList.aspx, diakses pada tanggal 22 Desember 2015)

Sugiarti. 2009. Gas Pencemar Udara dan Pengaruhnya terhadap Kesehatan Manusia. (online) (Ipi57793.pdf, diakses pada tanggal 15 Desember 2015)




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v17i1.683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia