KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL Pb PADA IKAN KALENG DI KOTA MAKASSAR

st mut mirah

Abstract


Perkembangan industri sangat didukung oleh kemajuan teknologi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia sebagai pelaksana kegiatan dalam suatu kehidupan sehari-hari masyarakat seperti halnya Ikan kaleng merupakan ikan olahan yang dikemas dalam kaleng yang banyak diproduksi didalam dan diluar negeri. Kelebihan pengemasan ikan dalam kaleng diantaranya adalah praktis bagi para konsumen dalam memasaknya, dapat disimpan lebih lama dan dapat meminimalisir kontaminasi dari luar seperti bakteri. Namun dalam penggunaannya perlu diwaspadai karena pada makanan kaleng dapat terjadi kontaminasi logam berat timbal (Pb) dari cara pengemasan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pencemaran logam berat timbal (Pb) pada ikan kaleng dan untuk mengetahui kadar logam berat timbal (Pb) pada ikan kaleng yang banyak dikonsumsi masyarakat.

Hasil pemeriksaan kandungan logam berat timbal (Pb) dengan menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) untuk ke tujuh sampel ikan kaleng.  sampel ikan kaleng yang diperoleh dilaboratorium ada 7 sampel yang di periksa ada 2 sampel yang tidak memenuhi syarat dan 5 sampel yang memenuhi syarat.

Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa kandungan logam berat timbal (Pb) pada ikan kaleng tersebut ada dua sampel ikan kaleng yang mengandung logam berat timbal (Pb) karena telah melebihi ambang batas maksimum yang telah ditetapakan SNI 7387 : 2009 yaitu 0,3 mg/kg.

 

Kata kunci : logam berat timbal (Pb) dan ikan kaleng

Full Text:

PDF

References


Azis, V. (2007). Analisis Kandungan Sn, Zn, Dan Pb Dalam Susu Kental Manis Kemasan. Retrieved Agustus Selasa, 2016, From http://www. /Artikel-jurnal

Muzdaleni. (2011). Analisa Kandungan Logam Berat Pb Dan Fe Dengan Metode Spektrofotometri Serapan Atom Terhadap Ikan Sarden Di Pekan Baru. Retrieved Juni Selasa, 2016, From http://www repository.uin-suska.ac.id/1359/Artikel-jurnal.

Nurhalifah, firman. ( 2011). Analisis Logam Sn Dan Protein Ikan Sarden Kaleng Media Saos Tomat Dari Beberapa Merek. Retrieved Juni Selasa, 2016, From http://www. repository.unhas.ac.id:4001/Artikel-jurnal.

Peraturan SNI Standar Nasional Indonesia 7387 : 2009 Tentang Batas Maksimum Cemaran Logam Berat Dalam Pangan, Retrieved juni sabtu, 2016, From www. sertifikasibbia.com/upload/logam_berat.

Sry, Rahayu. (2014). Uji Kandungan Logam Berat Timbal (Pb) Pada Ikan Kaleng Yang Beredar Di Pasar Modern Kota Gorontalo, Skripsi. Gorontalo: Program Studi Kesehatan Masyarakat Kesehatan Lingkungan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo.

Tehubijuluw. (2013) Penentuan Kandungan Logam Cd Dan Cu Dalam Produk Ikan Kemasan Kaleng Secara Spektrofoftometri Serapan Atom (SSA). Jurnal Cakra Kimia. Universitas Negeri Pattimura, Ambon.

T. Gunawan. (2014). Analisis Kandungan Logam Fe, Sn, Dan Pb Dalam Ikan Sarden. Retrieved Agustus senin, 2016, From http://www repository.unri.ac.id/Jurnal.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v18i1.731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia