FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DBD DI PULAU BALANG LOMPO KABUPATEN PANGKEP

hidayat hidayat, Nasriah Nasriah

Abstract


Penyakit DBD merupakan penyakit menular yang terutama menyerang anak-anak. Penularan penyakit ini disebabkan oleh penyebarannya sangat cepat dan sering menimbulkan wabah yang luar biasa, sehingga menyebabkan banyak kesakitan bahkan sampai pada kematian. Permasalahan ini sering muncul dan berulang bersamaan dengan datangnya musim hujan di Indonesia, dan ditunjang kurangnya kesadaran akan kebersihan lingkungan dari masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian DBD Di Pulau Balang Lompo Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian observasional dengan cara pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh rumah tangga dengan jumlah 300 rumah yang ada di Kelurahan Mattiro Sompe Pulau Balang Lompo Kab. Pangkep. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 171 rumah. Analisa data dengan menggunakan uji satatistik “Chi-Square (X²)” yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dari jawaban kuesioner kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Kepadatan Jentik dengan Kejadian DBD di Pulau Balang Lompo yaitu hasil uji chi square diperoleh nilai p= 0,018 <  α=  0,05, ada hubungan antara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) atau gerakan 3M dengan kejadian DBD hasil uji chi square diperoleh nilai p= 0,000 < α= 0,05, ada hubungan antara Mobilitas Penduduk  dengan kejadian DBD yaitu hasil uji chi square diperoleh nilai p= 0,000 lebih < α= 0,05 dan tidak ada hubungan antara Kebiasaan Menggantung Pakaian Dalam Rumah  dengan kejadian DBD.  Hal  tersebut didasarkan pada hasil uji chi square diperoleh nilai p= 0,819 > α= 0,05. Kesimpulan dari peneltian ini adalah ada hubungan antara kepadatan jentik Aedes aegypti, ada hubungan antara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) salah satunya pelaksanaan 3M,dan ada hubungan antara mobilitas penduduk dengan kejadian DBD. Sedangkan tidak ada hubungan antara kebiasaan menggantung pakaian dalam rumah dengan kejadian DBD di Pulau Balang Lompo Kelurahan Mattiro Sompe Kec. Liukang Tupabbiring Kab. Pangkep.

Kata kunci : DBD,  Aedes aegypti, 3M

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Umar. Fahmi. 2011. Dasar - Dasar Penyakit Berbasis Lingkungan. Jakarta: Rajawali Pers.

Anonim. 2014. Faktor – Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD). http://starflazz.blogspot.co.id/2014/12/faktor-faktor-yang-berhubungan-dengan-kejadian-demam-berdarah-dengue-(dbd).html. Diakses tanggal 11 Januari 2017.

Dinkes RI., Profil Kesehatan Sulawesi Selatan, http:www. Depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KES_PROVINSI_2014/27_Sulawesi_Selatan_2014.pdf, Dinas Kesehatan Republik Indonesia, Makassar, Diakses tanggal 13 Januari 2017.

Mulyana, 2013. Studi Jenis dan Kondisi Container Dalam Rumah Terhadap Kepadatan Jentik Aedes Aegypti Di Kelurahan Adatongeng Kabupaten Maros. Makassar: Prodi D. III Jurusan Kesehatan Lingkungan. Poltekkes Kementerian Kesehatan Makassar. ( KTI Tidak diterbitkan).

Mumpuni, Y., & Lestari, W. 2015. Cekal Demam Berdarah. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Soegeng, S. 2006. Demam Berdarah Dengue. Surabaya: Airlangga University Press.

Sowewarno. 2015. Klimatologi Pengukuran dan Pengolahan Data Curah Hujan, Contoh Aplikasi, Hidrologi Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tulasaket Eirene Yolanda. 2015. Faktor determinanYang Berhubungan Dengan kejadian Penyakit DBD Diwilayah kerja Puskesmas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. Prodi D. III Jurusan Kesehatan Lingkungan. Poltekkes Kementerian Kesehatan Makassar. ( KTI Tidak diterbitkan).

Wati Eka Widia. 2009. Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Online): http://eprints.ums.ac.id/5966/1/J410050022.PDF (Skripsi Tidak diterbitkan). Diakses tanggal 11 Januari 2017

Widoyono. 2011. Penyakit Tropis. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v17i2.853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia