EFEKTIVITAS LENGKUAS (LENGUAS GALANGA) DALAM MENGAWETKAN IKAN BANDENG

Khiki Purnawaty Kasim, Alifia Citra Bestari

Abstract


Ikan bandeng merupakan suatu komoditas perikanan yang populer di Indonesia timur karena rasa yang enak dan gurih serta mempunyai harga yang terjangkau. Kandungan pada ikan bandeng selain dibutuhkan oleh tubuh juga merupakan media pertumbuhan bakteri pembusuk sehingga perlu dilakukan pengawetan pada ikan bandeng. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas lengkuas (lenguas galanga) dalam mengawetkan ikan bandeng. Jenis penelitian adalah bersifat eksperimen yaitu perlakuan pengujian penggunaan larutan dan parutan lengkuas (lenguas galanga) sebagai bahan pengawet pada ikan bandeng. Ikan bandeng yang diawetkan menggunakan larutan lengkuas dapat bertahan hingga 42 jam ditinjau dari kondisi fisik yang telah mengalami perubahan nilai organoleptik dibawah nilai 7 sedangkan ikan bandeng yang diawetkan menggunakan parutan lengkuas dapat bertahan hingga 47 jam. Dari hasil penelitian ini maka disarankan untuk menggunakan parutan lengkuas karena daya awet lebih lama dibandingkan menggunakan larutan lengkuas.

 

Kata Kunci : Ikan Bandeng, Lengkuas, Daya Awet

Full Text:

PDF

References


Anisah Nurul Khasanah. 2014. Aktivitas Antimikroba Ekstrak Rimpang Lengkuas (Alpinia galangal) Terhadap Pertumbuhan Miktoba Perusak Ikan, (online), (http://eprints.ums.ac.id/2706/9/PUBLIK.pdf, diakses pada tanggal 17 januari 2017.

Arief Hariana. 2008. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Jakarta: Penebar Swadaya.

Buckle, dkk. 2013. Ilmu Pangan (Terjemahan Hari Purnomo dan Adiono). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Dwijoseputro. 2005. Dasar- Dasar Mikrobiologi. Jakarta: Djambatan

Leni Herliani Afrianti. 2010. Pengawet Makanan Alami dan Sintetis. Jakarta: Alfabeta.

Sri Ramadhani. (2013). Pemanfaatan Lengkuas Sebagai Pengawet Ikan Bandeng. Politerknik Kesehatan Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan. Makassar.

Ratih, dkk. 2010. Pemanfaatan Lengkuas (Lenguas Galanga L.) Sebagai Bahan Pengawet Pengganti Formalin, (online), (http://kemahasiswaan.um.ac.id /2010/04/UM-Ratih-Pemanfaatan-Lengkuas-Sebagai-.pdf, diakses pada tanggal 17 Januari 2017).

Standar Nasional Indonesia. SNI 2729-2013 Tentang Ikan Segar. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Rodame dan Syamsul. 2015. Kitab Tumbuhan Obat. (Febriani Al Nurrohma, Ed.). Jakarta: AgriFlo




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v17i2.871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia