STUDI PERILAKU PENGRAJIN MEUBEL DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI KELURAHAN MANONGKOKI KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Siti Ardianti Arsyad, Abdur Rivai

Abstract


Abstrak

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan industri yang begitu pesat telah mendorong semakin meningkatnya penggunaan mesin, peralatan kerja dan bahan-bahan kimia dalam proses produksi dengan disertai penerapan teknik dan teknologi dari berbagai tingkat di segenap sektor kegiatan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku pengrajin meubel terhadap penggunaan alat pelindung siri di Kelurahan Manongkoki Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah observasi dengan pendekatan deskriftif, yaitu suatu survey pada pengrajin meubel untuk melihat gambaran yang terjadi di dalam suatu populasi tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 20,83% pekerja yang berpengetahuan sangat baik , 48,61% berpengetahuan baik dan 30,56% yang berpengetahuan cukup. Untuk sikap terdapat 40,3% sikap sangat baik , 50% sikap baik dan sebanyak 9,7% sikap cukup. Untuk tindakan terdapat 41,67% yang memiliki tindakan sangat baik, 34,72% tindakan baik dan 23,61% yang memiliki tindakan cukup.

 

Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Alat Pelindung Diri


Full Text:

PDF Plagiarism Check

References


DAFTAR PUSTAKA

Anizar, 2009. Teknik keselamatan dan kesehatan Kerja di Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ayyub, 2016. Tentang Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Tenaga Kerja Dengan Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) di PT. Sermani Steel Corporation Makassar. Makassar : Program Diploma III Jurusan Kesehatan Lingkungan. Politeknik Kesehatan Makassar. (KTI tidak diterbitkan).

D.J. Heri. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta : EGC.

Daryanto, 2010. Keselamatan Kerja Peralatan Bengkel dan Perawatan Mesin. Bandung: Alfabeta.

DP, Ibrahim. 2009. Etika Profesi Lingkungan (sanitarian). Makassar: Poltekkess Jurkesling Press.

Hseptkreatifmantani, 2016. Standar alat pelindung diri. (Online)

https://hseptkreatifmantani.wordpress.com/2016/01/19/standar-alat-pelindung-diri/. Diakses ada tanggal 11 desember 2017.

Imran, Nurul. 2014. Tentang Studi Perilaku Alat Pelindung Diri Pada Ekerja Batu Nisan Di Desa Lempeang Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Makassar: Program Diploma III Jurusan Kesehatan Lingkungan. Politeknik Kesehatan Makassar. (KTI tidak diterbitkan).

Iskandar, Duddy. dkk. 2008. Jenis Jenis Alat Pelindung Diri (APD), (Online), http://duddyiskandar.blogspot.com/2008/12/jenis-jenis-alat-pelindung-diri-apd.html diakses pada tanggal 11 Desember 2017

Kholid, Ahmad. 2012. Promosi Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007 . Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nushana, Andi. 2017. Tentang Studi Perilaku Petugas Cleaning Servis Terhadap Penggunaan APD Dalam Menangani Limbah Padat (Sampah) Rumah Sakit Umum Syekh Yusuf. Makassar: Program Diploma III Jurusan Kesehataan Lingkungan. Politknik Kesehatan Makassar. (KTI tidak diterbitkan).

Rejeki, Sri. 2015. Sanitasi Hygiene dan K3. Bandung: Rekayasa Sains.

Sahani, Wahyuni, dkk. 2017. Buku Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Prodi D-III. Makassar: Poltekkes Kesling Makassar.

Triwibowo, Cecep 2013. Kesehatan Lingkungan dan K3. Yogyakarta: Nuha Medika. ILO.

Wulansari, 2009. Pemakaian Alat Pelindung Diri Sebagai Upaya Dalam Pencegahan Kecelakaan Kerja Di Bagian Granule Di Pt. Bina Guna Kimia Ungaran, (online), https://eprints.uns.ac.id/.pdf diakses ada tanggal 11 Desember 2017

Yuli, 2017. BAB III ALAT PELINDUNG DIRI, (Online), . http://www.academia.ed/BAB_III_Alat_Pelindung_Diri_APD_ diakses pada tanggal 11 desember 2017

Zulkifli, 2013. Tentang Perilaku Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di Sermani Steel Makassar. Makassar: Program Diploma III Jurusan Kesehatan Lingkungan. Politeknik Kesehatan Makassar. (KTI tidak diterbitkan).




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v19i1.951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia