STUDI KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR BERSIH DI KAPAL PENUMPANG PELNI DAN NON PELNI DI PELABUHAN NUSANTARA PAREPARE

Fiatri Husain, lataha lataha

Abstract


Air merupakan hak dasar bagi setiap makhluk hidup karena di bumi semua makhluk menggantungkan hidupnya pada air tanpa terkecuali manusia. Sekitar  70-80% dari berat badan  tubuh manusia  adalah mengandung air. Oleh karena itu air menjadi kebutuhan pokok dan berperan penting bagi kelangsungan kehidupan. Maka dari itu setiap kapal yang sandar di pelabuhan diperiksa kualitas bakteriologis air bersih yang termasuk bagian sanitasi kapal.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan Gambaran Tentang Kualitas Bakteriologis Air Bersih di Kapal Penumpang Pelni dan Non Pelni di Pelabuhan Nusantara Parepare. Jenis penelitian ini observasional deskriptif yaitu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui adanya bakteri MPN Coliform dan Eschericia Coli pada Air Bersih. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini seluruh kapal penumpang pelni sebanyak 2 buah kapal dan non pelni sebanyak 6 buah kapal.

Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa 2 Kapal Pelni memenuhi syarat E.coli walaupun 1 kapal pelni (lambelu) ditemukan hasil pemeriksaan MPN Coliform masih dibawah ambang batas. Sedangkan 6 kapal Non Pelni terdapat 3 positif MPN Coliform, 3 Kapal negatif MPN Coliform dan pada pemeriksaan E.coli terdapat 5 kapal yang negatif E.coli dan 1 kapal positif E.coli.

Kesimpulan dari penelitian ini yang telah dilakukan terdapat 2 kapal Pelni memenuhi syarat dan kapal Non Pelni 5 yang memenuhi syarat dan 1 kapal Non Pelni tidak memenuhi syarat yaitu KM Queen Soya sesuai Permenkes No. 32 Tahun 2017. Jadi diharapkan  pekerja kapal  untuk memperhatikan kebersihan kapal pada bagian sanitasinya khususnya pada air bersih.

Kata Kunci : Air Bersih, Bakteriologis, Kapal Pelni dan Non Pelni


Full Text:

PDF Plagiarism Check

References


Arlina Hardianti. 2015. Studi Kualitas Air Bersih di Kapal Penumpang Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Makassar Program Diploma III Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar. (KTI tidak diterbitkan).

Bagus Prahutdi. 2012. Persyaratan Pelabuhan. (online). http://www.persyaratan%20pelabuhan%20_%20sastra%20sipil%20indonesia.htm/. Diakses 12 Desember 2017.

Djaffar Hasyim Muhammad, H. 2002. Penyediaan Air Bersih. Makassar: Jurusan Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Dwidjoseputro, D. 2010. Dasar-Dasar Mikrobiologi. Jakarta: Djambatan.

Effendi Hefni, 2003. Telaah Kualitas Air. Yogyakarta: Kanisius.

Entjang Indan. 2003. Mikrobiologi & Parasitologi. Bandung: PT.Citra Aditya Bakti.

Lubis Ernani. 2012. Pelabuhan Perikanan. Bogor: PT.Penerbit IPB Press.

Sugiharto. 1983. Penyediaan Air Bersih Bagi Masyarakat.Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Dan Latihan Pegawai Departemen Kesehatan.

Supardi, dan Sukamto. 1999. Mikrobiologi Dalam Pengolahan Dan Keamanan Produk Pangan. (online). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb/article/view/2104 Bandung : Alumni Dapus Jurnal.

Suprihatin, dan Suparno Ono. 2013. Teknologi Proses Pengolahan Air. Bogor: PT.Penerbit IPB Press.

Sutrisno Totok, dan Suciastuti Eni. 2010. Teknologi Penyediaan Air Bersih. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyono, dan Budiman. 2012. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

Wahyuni Sahani, dkk. 2017. Panduan Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi. Makassar: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Jurusan Kesehatan Lingkungan.




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v19i1.974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia