ANALISIS HUBUNGAN GRADASI BASIL TAHAN ASAM DENGAN INDEKS ERITROSIT PADA PENDERITA TUBERCULOSIS DI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT MAKASSAR

mursalim ahmad, Jhonny angky

Abstract


Tuberculosis dapat menimbulkan kelainan hematologi, baik sel-sel hematopoiesis maupun komponen plasma. Kelainan-kelainan tersebut sangat bervariasi dan kompleks. Kelainan hematologis ini dapat merupakan bukti yang berharga sebagai petanda diagnosis, pentunjuk adanya komplikasi atau merupakan komplikasi obat anti tuberculosis (OAT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar indeks eritrosit pada penderita tuberculosis, apakah ada hubungan basil tahan asam 1+ dengan indeks eritrosit, apakah ada hubungan basil tahan asam 1+ dengan indeks eritrosit, Apakah ada hubungan basil tahan asam 3+ dengan indeks eritrosit, dan apakah ada hubungan gradasi basil tahan asam dengan indeks eritrosit. Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat analisis yang bertujuan untuk mengetahui hubungan gradasi basil tahan asam dengan indeks eritrosit rata-rata pada penderita tuberculosis diagnosis awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah indeks eritrosit pada penderita tuberculosis di BBKPM Makassar yaitu pada tabel 4.4 yaitu dengan rerata MCV sebanyak 79,55, MCH 29,05, dan MCHC 30,72, pada tabel 4.6 Ada hubungan indeks eritrosit pada penderita tuberculosis dengan gradasi 1+, pada tabel 4.8 ada hubungan indeks eritrosit pada penderita tuberculosis dengan gradasi 2+, pada tabel 4.10 ada hubungan indeks eritrosit pada penderita tuberculosis dengan gradasi 3+ dan pada tabel 4.11 ada hubungan indeks eritrosit pada penderita tuberculosis dengan gradasi basil tahan asam. Oleh karena itu disarankan pada penelitian selanjutnya dilakukan penelitian tentang sejauh mana pengaruh indeks eritrosit khususnya anemia terhadap penderita TB dan jenis Anemianya.

 Kata Kunci: Gradasi BTA, Indeks eritrosit, MCV, MCH, MCHC


References


Amaylia Oehadian, 2003. Aspek Hematologi Tubeculosis. Sub-Bagian Hematologi-Onkologi Medik SMF Penyakti Dalam RS Perjan Hasan Sadikin/FK UNPAD. Bandung.

Brugnara C. Iron deficiency and erythropoiesis: new diagnostic approaches. Clin Chem 2003;49:15738.

Flemming AF de silva PS.Haematological Diseases in the tropics.in :Cook GC,Zumlz AI,eds.manson’s Tropical Diseases,21 st ed.Edinburg, saunders, 2003:224.

Forbes A Betty, Daniel F Sahm, Alice S Weissfeld. Bailey & Scott’s. Diagnostic Microbiology. Twelfth edition. China: Mosby Elsevier.2007.p 478-508

Handayani, Andi S. 2008.Asuhan KeperawatanPada Klien Dengan Gangguan Sistem Hematologi. Dian Rakyat. Jakarta.

Hizira, S. 2008. Hubungan Pola Konsumsi dan Status Gizi penderita Tuberculosis

Kusnadi, 2010. Hubungan Jenis Leukosit dengan Kejadian Tuberculosis di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Makassar.Makassar.

Misnadiarly.2006. Penyakit Infeksi TB paru dan Ekstrak Paru.Edisi I. Pustaka Populer Obor, Jakarta.

Purnasari, Galih, 2011. Tuberkulosis. Penelitian Fakultas Kedokteran : Universitas Diponegoro

Sarwono W. 1995.Ilmu Penyakit Dalam.Bagian Ilmu Penyakit Dalam FK,UI. RSUP Nasional Cipto Mangunkusumo,Hal: 203-211.

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung

Wahyudi N, 2009. Pusat data dan Jurnal ”Hubungan karakteristik tersangka TBC dengan TBC paru BTA positif di puskesmas Tanon relationship between the characteristic of Tuberculosis suspect and pulmonary Tuberculosis with positive acid-fast bacilli in puskesmasTanon (2009-Skripsi). Makassar.

Wilks D, 1995. Mycobacteria In The Infection Disease. Blackwell Science Ltd, Oxford.

Yoga TA,.1994.Tuberculosis Paru Masalah dan Penanggulangannya.Universitas Indonesia,Jakarta.

Oyer RA,SchlossbergD.Hematologic Changes in Tuberculosis..In:Schlossberg D.ed.tuberculosis,3rd Ed.newYork,Springer-verlag,1994:257-263




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v8i2.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats