SURVEI KEBERSIHAN PERSONAL TERHADAP KEBERADAAN TELUR Trichuris trichiura PADA KUKU PETUGAS KEBERSIHAN DI KRIAN, SIDOARJO

Acivrida Mega Charisma, Bunga Vicencia Dewantari, Farida - Anwari

Abstract


Penderita infeksi Trichiuris trichiura tercatat 795 juta orang. Salah satu penularannya melalui perantara kuku tangan yang kotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan telur cacing Trichiuris trichiura dan hubungan kebersihan personal pada petugas kebersihan lingkungan di daerah Krian, Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional sebanyak 25 responden. Pemeriksaan sampel kuku menggunakan metode NaCl dan eosin. Kemudian di uji analisa secara statistik menggunakan fisher exact. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan adanya telur cacing Trichiuris trichiura sebanyak 2 responden (8%) dari 25 responden menggunakan random sampling. Hasil analisis seluruh kategori menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap keberadaan telur cacing Trichiuris trichiura dengan hasil signifikansi kebiasaan cuci tangan dengan sabun sebelum makan p-value = 0,480; kebiasaan cuci tangan dengan sabun setelah BAB p-value = 0,520; kebiasaan memotong kuku seminggu sekali p-value = 0,070; dan kebiasaan minum obat cacing tiap enam bulan sekali p-value = 1,000 . Kesimpulan penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan kebersihan personal dengan keberadaan telur cacing TT yang signifikan namun ada beberapa kategori kebersihan personal yang kurang pada petugas kebersihan lingkungan berdasarkan hasil tabulasi silang sehingga telur cacing ditemukan pada penelitian ini.

Kata kunci: Kebersihan personal, Kuku, Petugas kebersihan, Trichiuris trichiura

References


Penyakit Kecacingan Dan Hubungannya Dengan Anemia Pada Anak Sekolah Dasar Yang Ada Di Kota Makassar.” Jurnal Media Analis Kesehatan 8(2):59–66.

Brooker, S. J., dan D. A. P. Bundy. 2014. Soil-Transmitted Helminth (Geohelminth). Manson’s Tropical Infectious Disease, 23: 766-794.

Charisma, A. M., Farida, E. A., Wahyuni, K. I., & Dewi, Y. E. N. K. 2020. Prevalensi Telur Cacing Nematoda Usus Soil Transmited Helmint (Sth) Dengan Metode Konsentrasi Pada Siswa Mi Sunan Ampel 1 Sidorogo-Trosobo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Journal of Pharmaceutical Care Anwar Medika (J-PhAM), 2(2), 1-12.

Herdiansyah, Dadang and Slamet Sudi Santoso. 2019. “Analisis Kebersihan Diri Terhadap Keberadaan Telur Cacing Ascaris Pada Kuku Nelayan Desa Batu Karas Cijulang Pangandaran.” Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan 15(1):94.

Mulan Tirtayanti, Dewi Widhya, Sri Dhyanaputri. 2016. “Identifikasi Telur Cacing Nematoda Usus Pada Kuku Tangan Pengrajin Genteng Di Desa Pejaten, Kediri.” Meditory : The Journal of Medical Laboratory 4(2):109–17.

Nundrisari, Dharatri. 2019. “Hubungan Antara Sanitasi Lingkungan Dan Higiene Perorangan Dengan Kejadian Infeksi Soil-Transmitted Helminthes Pada Pekerja Perkebunan Garahan Kidul.”

Putri, Dwi Julianika, Suri Dwi Lesmana, and Tuti Restuastuti. 2017. “Prevalensi Telur Ascaris Lumbricoides Dan Trichuris Trichiura Pada Kotoran Kuku Tangan Murid Kelas I, II, Dan III SD Negeri 013 Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru Serta Gambaran Faktor Risiko.” Jurnal Ilmu Kedokteran 4(2):108.

Resnhaleksmana, Ersandhi. 2014. “Prevalensi Nematoda Usus Golongan Soil Transmitted Helminthes (STH) Pada Peternak Di Lingkungan Gatep Kelurahan Ampenan Selatan.” Media Bina Ilmiah 8(5):45–50.

Souisa, Gracia Victoria. 2019. “Identifikasi Telur Cacing Pada Kuku Dan Personal Higiene Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Tunas-Tunas Riset Kesehatan 9(36):216–20.

WHO. 2012. Weekly Epidemiological Record. Geneva, World Health Organization. http://www.who.int/topics/helminthiasis/en/

(Diakses tanggal 11 November 2019).

Zulkoni. 2011. Parasitologi untuk Keperawatan, Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v12i1.1714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats