KADAR HEMOGLOBIN, HITUNG JUMLAH ERITROSIT DAN NILAI HEMATOKRIT PADA PEKERJA PARKIRAN BASEMENT DI KOTA MAKASSAR

Ulandhary Ulandhary, Nurlia Naim, Zulfikar Ali Hasan, Zulfian Armah

Abstract


Basement biasanya digunakan sebagai area parkir, akan tetapi beberapa pembangunan basement kurang memperhatikan kecukupan ventilasinya. Akibatnya gas buang dari kendaraan dapat meningkatkan polusi udara dalam ruang. Gas karbon monoksida yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna kendaraan bermotor memiliki afinitas lebih kuat terhadap hemoglobin dibandingkan oksigen. Tubuh akan mengimbangi kekurangan oksigen dengan memproduksi sel darah merah lebih banyak sehingga hematokrit meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kadar hemoglobin (Hb), hitung jumlah eritrosit dan nilai hematokrit (Ht) pada pekerja parkiran basement di kota Makassar. Penelitian ini bersifat observasi laboratorik dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan data primer. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sebanyak 15 sampel. Hasil kadar hemoglobin menurun sebanyak 26,67% dengan kadar terendah adalah 12,9 mg/dL, kadar hemoglobin normal sebanyak 53,33% dan kadar hemoglobin meningkat sebanyak 20% dengan kadar tertinggi 16,7 mg/dL. Hitung jumlah eritrosit normal sebanyak 93,33% dan hitung jumlah eritrosit meningkat sebanyak 6,67% dengan jumlah eritrosit tertinggi 5,97 juta/µl,. Nilai hematokrit menurun sebanyak 26,67% dengan nilai terendah 37,6% dan nilai hematokrit normal sebanyak 73,33%. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kadar hemoglobin, hitung jumlah eritrosit, dan nilai hematokrit pada pekerja parkiran basement di Kota Makassar masih dalam batas normal.

Kata kunci : Hitung Jumlah Eritrosit Kadar Hemoglobin (Hb), Nilai Hematokrit (Ht) Pekerja Basement

References


Amran, P. 2016. Studi Gambaran Morfologi Eritrosit dan Hematokrit Pada Pekerja Parkiran Basement MTC (Makassar Trade Center) Kota Makassar. Jurnal Media Analis Kesehatan Vol. VII, Makassar : Poltekkes Kementerian Kesehatan RI. Harrianto, R. 2010. Buku Ajar Kesehatan Kerja. Jakarta : EGC.

Gandasoebrata, R. 2013. Penuntun laboratorium Klinik. cetakan keenambelas, Jakarta : Dian Rakyat

Huboyo, H.S. Istirokhatun, T. Sutrisno, E. 2016. Kualitas Udara Dalam Ruang Di Daerah Parkir Basement Dan Parkir Upperground (Studi Kasus Di Supermarket Semarang. Jurnal Presipitasi: Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Lingkungan, Available from : https://ejournal.undip.ac.id/index.php/presipitasi/article/view/11118 (Diakses 29 November 2018).

Kiswari, R. 2014. Hematologi dan Transfusi. Jakarta : Erlangga.

Naim, N. 2013. studi penetapan kadar hemoglobin dan jumlah eritrosit pada juru parkir di Kota Makassar. Jurnal Media Analis Kesehatan Vol. IV, Makassar : Poltekkes Kementerian Kesehatan RI.




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v11i2.1783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats