Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kerjadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut Pada Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pangkep

Jangga Jangga, mawar mawar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) pasien Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pangkep. Desaian penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan metode pendekatan studi  Cross Sectional study, dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2018, di Rumah Sakit Umum Daearah Kabupaten Pangkep, sampel sebanyak 34 orang dan datanya dianalisis dengan uji chi-squer. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan  antara pengetahuan, kebiasaan merokok, jumlah penghuni rumah dan status gizi dengan kejadian ISPA pada pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pangkep, dan variabel yang paling berhubungan adalah kebiasaan merokok. 

Kata Kunci : Pengetahuan, Kebiasaan Merokok, Jumlah Penghuni Rumah,  Status Gizi dan ISPA

References


Alimul A, 2013. Riset Keperawatan dan Penulisan Ilmiah.ed 1, Salemba Medika, Jakarta.

Anton C. Widjaja, 2014. Penanganan ISPA Pada Anak Dan Balita Di Rumah Sakit Kecil Di Negara Berkembang. Salemba Medika. Jakarta.

A. hartati, Skripsi, 2016. Factor-faktor Yang Berhubungan terjadinya ISPA Pada Anak Dan Balita Di Perumahan Kodam Kelurahan Antang Kecamatan Manggala. Makassar.

Ike Suhandayani, Skripsi, 2017. Factor-faktor Yang Berhubungan Dengan ISPA Pada Anak Dan Balita Di Puskesmas pati Kabupaten Pati Tahun 2006. Semarang.

Nomis dalam Zulfitri, 2015. Analaisis Faktor Resiko Terjadinya INfeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Pada Balita. Di wilayah PKM Bajeng Kab. Gowa, Makassar.

Notoatmodjo M, Skripsi, 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Kejadian ISPA Pada Anak Dan Balita, Di Inramayu.

Nursalam, 2009. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis, Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta.

Supriadi L, Skripsi, 2014. Studi Kejadian ISPA Pada santri Berdasarjan Kondisi Di Ruangan Pesantren Pondok Medinah, Makassar.

Susi Natalia, 2013. Penanganan ISPA Pada Anak di Rumah Sakit Kecil Negara Berkembang, Cetakan 1, Jakarta

Sri Yulianti, Skripsi, 2015. Fakto-faktor Yang Berhubungan Dengan Berat Badan Lahir Rendah Di rumah Sakit Umum Ajappange. Soppeng.

Widoyono, 2008. Penyakit Tropis Epidemiologi, penularan, pencegahan &Pemberantasannya. Erlangga. Jakarta

http://www.who.or.id/h1n1/docs/WHO_CDS_EPR_2013_8bahasa.pdf

http://www.klikdokter.com/article/detail/746




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v9i2.220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats