ANALISIS JUMLAH PEMERIKSAAN LIMFOSIT PADA PENDERITA HUMAN IMMUNODEFISIENCY VIRUS (HIV)

prawansa amran, Andi Wais Al Qarni

Abstract


Virus HIV merupakan Virus yang menyerang system kekebalan tubuh, sedangkan sistem kekebalan tubuh bertugas untuk melindungi tubuh dari penyakit apa pun yang setiap hari menyerang tubuh kita. Virus HIV Menyerang Sel darah putih yaitu Limfosit T sehingga terjadi penurunan  Limfosit T dalam sirkulasi darah, Limfosit dibagi menjadi dua yaitu limfosit T dan Limfosit B sehingga peneliti ingin membuktikan hal tersebut dengan menghitung limfosit total pada sediaan apus darah dari penderita Virus HIV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah limfosit pada penderita HIV. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 juni – 7 juli 2018 menggunakan jenis penelitian Observasi laboratorium. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 15 sampel yang diperoleh dari populasi penderita HIV menggunakan teknik total sampling. Analisa data dalam penelitian ini data yang diperoleh dari hasil penelitian Analisis Jumlah pemeriksaan  Limfosit pada penderita HIV akan   disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis scara deskriptif kemudian dinarasikan. Setelah dilakukan analisa data dapat disimpulkan bahwa didapatkan hasil 26.66% yang menunjukkan jumlah Limfosit yang Normal dan 73.33% yang menunjukkan jumlah Limfosit dibawah normal. Saran dari peneliti untuk peneliti selanjutnya dalam penentuan sampel sebaiknya memperhatikan lama menderita Virus HIV

References


Guindo, O.M., Liu, A., & Haba, K. 2014. Knowlage, Attitude and Practices of Youth towards HIV/AIDS in Mali, west Afria. Internasional Journal of Advances Physiology and Allied Sciences..

Handayani W, Haribowo S.A, 2008. Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Gangguan Sistem Hematologi. Jakarta: salemba medika.

Padmasari I.S. 2017. Penderita HIV/AIDS di kota Makassar. Makassar. @www.hivdatingsites.biz

Hawari D. 2006. Global Effect HIV/AIDS dimensi Psikoreligi. Jakarta: FKUI

Rahayu I, Rismawanti V, Jaelani K.A. 2017. Hubungan tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS dengan perilaku seksual pernikahan pelajar. Pekan baru, Riau. Journal Endurance.

Subowo. 2010. Imunologi Klinik Edisi ke 2. Jakarta: Sagung Seto.

Tim dosen, 2017. Penuntun Praktikum Hematologi I. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Makassar Jurusan Analis kesehatan.

Widodo W.D.A, 2012. HIV-AIDS from basicto clinical management.Rumah Sakit tropic Infeksi Universitas Airlangga.




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v10i1.982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats