EFEK KONSELING TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU PADA TERAPI DIARE BALITA

Khaerani Mukhtar

Abstract


Peranan farmasis dalam mengoptimalkan terapi diare pada pasien sangat dibutuhkan dimana farmasis diharapkan dapat memberikan konseling tentang terapi yang benar pada diare anak. Konseling merupakan komponen dari pelayanan kefarmasian yang perlu dilaksanakan untuk meningkatkan hasil terapi, dengan memaksimalkan penggunaan obat yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan konseling terhadap tingkat pengetahuan ibu di Puskesmas Pampang kota Makassar dalam terapi diare pada balita. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian analitik observasional dengan menggunakan analisis kuantitatif. Pendekatan waktu yang digunakan yaitu rancangan penelitian observasional studi one group pre-post test. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan yang bermakna antara hasil pre-test dengan post-test dimana data significancy dari kedua kelompok data adalah 0,000 (p < 0,05) yang menyatakan bahwa adanya hubungan konseling terhadap tingkat pengetahuan ibu pada terapi diare balita di Puskesmas Pampang kota Makassar.


Full Text:

PDF

References


Depkes RI. 2011. Lintas Diare. Jakarta: Departemen Kesehatan RI Direktorat jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Depkes RI. 2007. Pedoman Konseling Pelayanan Kefarmasian Di Sarana Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik.

Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan RI. 2015. Situasi Diare di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Setiabudi, Felicia Marsella. 2015. Pengaruh edukasi terhadap pengetahuan ibu-ibu dikecamatan patrang dalam penanganan diare pada balita. Fakultas Farmasi Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v14i2.561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.