GAMBARAN KECEPATAN PELAYANAN RESEP DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ELIM RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA

Estherina Allo Payung, Sisilia Idayani

Abstract


Seiring semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan rumah sakit, maka perlu adanya upaya yang dilakukan utnuk memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengukur kecepatan pelanyan resep. Penelitian ini merupakan penelitian observasi untuk melihat gambaran kecepatan pelayanan resep. Jumlah responden sebanyak 410 yang diambil secara acak pada pasien yang datang berobat rawat jalan di Rumah Sakit Elim Rantepao selama bulan juli sampai Agustus 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghitung waktu mulai resep diterima oleh petugas rawat jalan instalasi farmasi sampai obat diterima oleh pasien. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata waktu penyelesaian resep racikan 37 menit, non racikan 30 menit.

Kata kunci: Resep racikan dan non racikan, Kecepatan pelayanan resep, pasien rawat jalan


Full Text:

PDF

References


Priyandani, Yuni, dkk (2014), Pemberian Informasi Lama Terapi dan Konfirmasi Informasi Obat Perlu Ditingkatkan di Puskesmas, Jurnal Farmasi dan Ilmu KefarmasianIndonesia, Vol 1 No 1

Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia No.72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit

Undang-Undang Republik Indonesia No.44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Erwinayanti G.A.P.S., 2013. Pengukuran Kinerja Instalasi Farmasi Rumah Saklit Umum Daerah Penembahan Senopati Bantul dengan Pendekatan Balanced Scorecard,Tesis,Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Arwani, Mukhlis dan Ernawati, Nina 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada RS PKU Muhammadiyah Gubug). JurnalQ-Man. Vol. 2, No. 2. Hal1-16

Herjunianto, dkk. 2014. Faktor yang Mempengaruhi Cakupan Layanan Farmasi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya. Vol 28, No.1. Hal 8-13

Wati, Wirdah, dkk. 2013. Evaluasi Pengelolaan Obat dan Strategi Perbaikan dengan Metode Hanlon di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Karel Sadsuituhun Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2012. Prosiding Seminar Nasional Perkembangan Terkini Sains Farmasi dan Klinik III 2013, Hal 247-257

Fitriah N, 2016. Penyebab dan Solusi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit. (onlne) diakses pada http//jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/Yiew/1634 pada 28 februari 2017

Rusdiana, 2015. Kualitas pelayanan farmasi berdasarkan waktu penyelesaian resep di rumah sakit, (online) diakses pada Http://journal uade.ac.id/index.php/PARMACIANA/acticle/view/2439/1801 diakses 10 Juni 2017

Soemarsono T, 2015. Pengantar studi Farmasi. Jakarta: BUKU KEDOKTERAN EGC




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v15i1.798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.