FORMULASI DAN STABILITAS SEDIAAN BODY SCRUB BEDDA LOTONG DENGAN VARIASI KONSENTRASI TRIETANOLAMIN

Fahmi Ali, Hendra Stevani, Dwi Rachmawaty

Abstract


ABSTRAK

Bedda lotong merupakan produk alami dari suku bugis dengan bahan dasar beras putih, temulawak dan jeruk nipis yang terbukti secara preklinik berkhasiat sebagai antioksidan, namun dalam penggunaannya masih secara empiris sehingga tidak efisien dan tidak tahan lama. Penelitian ini bertujuan untuk menformulasikan sediaan body scrub bedda lotong dan untuk mengetahui stabilitas dan mutu fisik sediaan tersebut. body scrub bedda lotong diformulasikan dengan variasi konsentrasi trietanolamin 2%, 3%, dan 4%, pengujian mutu fisik dilakukan sebelum dan sesudah pengujian stabilitas dipercepat yang meliputi pengamatan organoleptis, uji homogenitas, pengukuran pH dan pengukuran daya sebar. Hasil penelitian menunjukkan bedda lotong dapat diformulasikan ke dalam bentuk sediaan cream body scrub dengan variasi konsentrasi trietanolamin dan memiliki stabilitas dan mutu fisik yang memenuhi syarat. Pada konsentrasi trietanolamin 3% sediaan body scrub bedda lotong memiliki konsistensi yang paling baik.

Kata kunci : Body Scrub, Bedda Lotong, mutu fisik


Full Text:

PDF

References


Andriyanti P., Indrianti D., Wardatun S,. (2013). Uji Antioksidan Sediaan Sugar Body Scrub yang Mengandung Katekin Gambi(Uncaria gambir Roxb)dan Essensial Oil Jeruk Nipis(Citrus aurantifolia L.) dengan Metode DPPH. Artikel Ilmiah pada Program Studi Farmasi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan Bogor.

Chory A,. Dwi I,. Bina L.S,. (2015). Efektivitas Sugar Body Scrub Yang Mengandung Katekin Gambir (Uncaria gambir (Hunter) Roxb) Dan Minyak Esensial Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia L.). Artikel Ilmiah pada Program Studi Farmasi FMIPA. Universitas Pakuan Bogor

Desi S.N. (2014). Formulasi dan Uji Aktivitas Antioksidan krim Anti-Aging Ekstrak Etanol 50% kulit buah manggis (Garcinia magostana L.) dengan Metode DPPH (1,1-Diphentyl 1-2-Picril Hydrazil). Artikel Ilmiah pada Program studi Farmasi Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan. UIN Syarif Hidayatullah.

Fauziah N,. (2016). Uji Kandungan Fitokimia dan Perbandingan Uji potensi Antioksidan, Antiaging pada berbagai konsentrasi sediaan sediaan Ekstrak Etanol Beras Putih (Oryza Sativa L.). Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha.

Lasmida A,. (2012). Aktifitas Antioksidan dan Stabilitas Fisik Gel Anti-Aging Yang Mengandung Ekstrak Air Kentang Kuning (Solanum tuberosum L.). Artikel Ilmiah pada Program Ekstensi Fakultas Farmasi Universitas Indonesia.

Marta, L.Z., Agustinus, R. Dan Rizaldy, T. (2016). Proses Menua, Stress Oksidatif, dan Peran Antioksidan. Artikel Fakultas Kedokteran. Universitas Kristen Duta Wacana: Yogyakarta.

Nunik K,. (2016). Formulasi Sediaan Krim Tipe M/A Ekstrak Biji Kedelai (Glycine max L) : Uji Stabilitas Fisik Dan Efek Pada Kulit. Artikel Ilmiah pada Program Studi Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putri W,. (2016). Uji Stabilitas Fisik Dan Kimia Sediaan Krim Ekstrak Etanol Tumbuhan Paku (Nephrolepis falcata (Cav.) C. Chr.). Artikel Ilmiah pada Program Studi Farmasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rowe, R. C., Paul, J. S., dan Marian, E. Q. (2016). Handbook of Pharmaceutical Excipients 8th Edition. London: Pharmaceutical Press and American Pharmacists Assosiation.

Silvia S.P,. (2017). Kandungan Dan Aktivitas Farmakologi Jeruk Nipis ( Citrus auranfolia S.). Artikel Ilmiah pada Program Studi Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran.

Susilowati T,. (2010). Kapasitas Antioksidan dan Kadar Kurkuminoid pada Ekstrak Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) Menggunakan Pelarut Air dengan Variasi Proporsi Pelarut dan Metode Pemanasan. Artikel Ilmiah pada Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Uce L., Faizar F., Putri M.S,. (2017). Formulasi Dan Uji Sifat Fisik Lulur Body Scrub Arang Aktif Dari Cangkan Sawit (Elaeis Guineensis J.) Sebagai Detoksifikasi. Jurnal Sains dan Teknologi Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi.




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v15i1.852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

google analitys