PENETAPAN KADAR VITAMIN C PADA BUAH JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava L.) DENGAN METODE TITRASI NA-2,6 DICHLOROPHENOL INDOPHENOL (DCIP)

septipianus Arung Padang, Rasnita Maharani Maliku

Abstract


Buah Jambu biji merah (Psidium guajava L.) mengandung beberapa senyawa fitokimia serta vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kandungan vitamin C dengan metode analisis kualitatif dan metode analisis kuantitatif. Sampel yang digunakan untuk analisis kualitatif adalah Buah Jambu biji merah mentah, setengah matang, dan matang dengan penambahan larutan pereaksi tembaga (II) sulfat 0,5 %, besi (II) sulfat 0,2 N, larutan NaOH 0,1 N dan larutan Na-2,6 dichlorophenol indophenol (DCIP) 0.5 mg/ml. Hasil yang diperoleh adalah sampel Buah Jambu biji merah (Psidium guajava L.) positif mengandung vitamin C dengan adanya reaksi warna yang terjadi saat penambahan larutan pereaksi. Penetapan kadar vitamin C yang terdapat dalam Buah Jambu biji merah (Psidium guajava L.)  dilakukan dengan metode titrasi yang menggunakan Na-2,6 dichlorophenol indophenol (DCIP) sebagai titran. Berdasakan penelitian ini diperoleh kadar vitamin C pada Buah Jambu biji merah (Psidium guajava L.) sebesar 0,429 mg/ gram atau 42,9 mg/ 100 gram.

Full Text:

PDF

References


Agustinus, 2009, Studi Hematologis Potensi Metabolik Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) pada Penderita Demam Berdarah Dengue,Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Anonim, 1979, Card System dan Reaksi Warna. Institut Teknologi Bandung

Anonim, 1995, Farmakope Indonesia Edisi ke IV. Departemen Kesehatan. Republik Indonesia.

Anonim, 1979, Farmakope Indonesia Edisi ke III. Departemen Kesehatan. Republik Indonesia

Febrianti, Novi, Rohmana M.I., Yunianto, Irfan., dan Dhaniaputri, Risanti, 2015, Perbandingan Aktivitas Antioksidan buah pepaya (Carica papaya L.) dan buah jambu biji merah (Psidium guajava L). Jurnal [Internet]. [diakses pada 09 Maret 2017]. Tersedia pada : http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/download/703/908.

Firmansyah, Erwin, 2014, Analisis Kandungan Vitamin C. Malang : Universitas Brawijaya

Hidayah, N., 2009, Sifat Optik Buah Jambu Biji (Psidium guajava) yang disimpan dalam Toples Plastik Menggunakan Spektrofotometer Reflektans UV-Vis, Skripsi, Institut Teknologi Bogor.

P.S., Rizky, 2011, Peranan Vitamin C dalam Perawatan Kulit. Bandung : Universitas Islam Bandung

Putra, Azhar, 2011, Penetapan Kadar Vitamin C dari Bawang Putih (Allium sativum L) Secara Titrasi 2,6-Diklorofenol Indofenol, skripsi,Universitas Sumatra Utara, Medan

S.P., Parimin, 2005, Jambu Biji; Budidaya dan Ragam Manfaatnya. Google Book halaman 11-12[Internet]. [diakses pada 11 Maret 2017]. Tersedia pada : http://books.google.co.id/books?id=yBtep1lW3swC&pg=PA11&dq=morfologi+jambu+biji&hl=id&sa=X&redir_esc=y.

Setiawan, A., Sahudi, dan Mahrozah, W., 2009, Penentuan Kadar Vitamin C Dalam Buah Jambu Biji Merah. Yogyakarta : Akademi Teknologi Kulit

Suprianto, La Ode, 2010, Analisis Kadar Vitamin C pada Buah Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) Berdasarkan Suhu Penyimpanan, Thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v13i2.879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.