PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA GANGGUAN FUNGSIONAL LUMBAL AKIBAT SPONDILOLISTESIS DI RSUP. Dr. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

Hasbiah Hasbiah, Nurul Fajriah

Abstract


Spondylosis lumbal merupakan gangguan degenerative yang terjadi pada corpus dan discus intervertebralis, yang ditandai dengan pertumbuhan osteofit pada corpus vertebra tepatnya pada tepi inferior dan superior corpus. Dari temuan radiografik 13% pada pria usia 30-an, dan 100% pada pria usia 70-an. Sedangkan pada wanita umur 40-an 5% dan umur 70-an 96%. Penyebabnya yaitu faktor usia, jenis kelamin, pekerjaan dan obesitas. Gejala yang sering muncul yaitu nyeri, spasme otot.

      

       Penelitian ini merupaka case study dengan menggunakan sampel tunggal untuk mengetahui perubahan nyeri dan spasme otot setelah diberikan intervensi Micro Wave Diathermy (MWD) dan terapi latihan William Flexion Exercise . alat ukur yang digunakan adalah VAS. Penelitian ini dilakukan di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo.      

      

       Pada kajian kasus ini, hasil pemeriksaan ditemukan problematik yaitu adanya nyeri dan spasme otot m. Erector spine. Penatalaksanaa fisioterapi dengan menggunakan MWD dan William Flexion Exercise mengalami penurunan nyeri mulai dari pre test minggu I sebesar 6,5 sampai terapi minggu ke 4 turun menjadi 4,5, pada nyeri tekan juga terjadi penurunan nyeri mulai dari pre test minggu I sebesar 7 sampai pada terapi minggu ke IV turun menjadi 5.

 

 

Kata kunci : Spondylosis lumbal, Micro Wave Diathermy (MWD), William Flexion Exercise

Full Text:

PDF Similiarity Check

References


Ann Thomson et.al, 1991. Tidy’s Physiotherapy, Twelth Edition, Butterworth Heinemann, Oxford.

Ballenir K, 2008. Lumbar Spine, http://www.back.com/anatomy-lumbar.html, akses 23 maret 2012.

Darlene Hertling and Randolph M. Kessler, 2006. Management of Common Musculoskeletal Disorders, Fourth Edition, Lippincott Williams & Wilkins, Philadelphia.

http://en.wikipedia.org/wiki/Spondylosis. akses tanggal 3 april 2012.

John Murtagh, Clive J. Kenna, Back Pain and Spinal Manipulation, Second Edition, Butterworth Heinemann, Oxford, 1997.

Jupiter Infomedia, 2009. Lumbar Spondylosis, http://www.indianetzone.com/41/ treatment_lumbal_spondylosis.htm, akses tanggal 28 Maret 2012.

Kimberley Middleton and David E. Fish, 2009. Lumbal spondylosis: clinical presentation and treatment approaches, Humana Press, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2697338/, akses tanggal 28 Maret 2012.

Paul Hooper, 1999. Williams’ Flexion Exercises vs McKenzie’s Extension Protocol, http://www.dynamic-chiropractic.com/williamvsmckenzie.html, akses tanggal 20 Februari 2012.

Porter,Struart,2002. Tidy’s Physiotherapy, Twelth Edition, Butterworth Heinemann, Oxford.

Rasjad Chairuddin,2000,ilmu bedah orthopedic,bintang lamompatue

Sidharta Priguna,1983,Sakit Neuromuskuloskeletal,Pt Dian Rakyat

Soekidjo Notoatmodjo, 2002. Metode Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

The Healthy Back Institute, 2010. Lumbar Spine and Back Pain, http://www.losethebackpain.com/lumbarspine.html, akses tanggal 3 April 2012.

Wilson, Sylvia A. Price & Lorraine M. 2002: Patofisiologi.6 s.1, : EGC. Vol II




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v11i1.818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Media Fisioterapi indexed by :

 

View My Stats

Flag Counter