PENGARUH MINUMAN ISOTONIK ISOPLUS TERHADAP KELARUTAN KADAR KALSIUM GIGI (SECARA IN VITRO)

Nurwiyana Abdullah

Abstract


Gigi dan mulut merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita, Gigi tersusun atas mahkota dan akar gigi. pada penampang melintang email gigi merupakan suatu jaringan yang mengalami proses mineralisasi yang sangat tinggi dan rentan terhadap serangan asam, karena minuman isotonik merupakan salah satu dari beberapa produk minuman ringan karbonasi atau non karbonasi untuk meningkatkan kebugaran, yang mengandung gula, asam sitrat, dan mineral. Pada penelitian laboratorium menunjukkan bahwa keasaman minuman bersoda yang merupakan minuman yang paling banyak digunakan oleh masyarakat terutama atlit atau olahraga, dan jus buah dapat menyebabkan pengikisan permukaan email gigi. menunjukkan bahwa minuman dengan pH 5,5 atau kurang cenderung mengikis permukaan email, sehingga dapat menyebabkan sensitifitas padapermukaan gigi. Berdasarkan penelitian dari Director of Biomaterials Science, Maryland University of Baltimore Dental School, membuktikan bahwa minuman isotonik dan minuman energi bersifat lebih erosif daripada minuman soda karena pengaruh asam di dalam minuman tersebut.  Bahan dan metode : Jenis penelitian ini adalah eksperimen laboratoeium dengan desain time seriest Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak satu gigi premolar post ekstraksi kurang dari satu minggu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kadar kalsium gigi yang larut pada minuman isotonik adalah sebesar 12, 68 ppm.

Kata Kunci : minuman isotonik, kadar kalsium


References


DAFTAR PUSTAKA

Arisworo, Djoko dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi, Kimia): Grafindo Media Pratama.

Dharmawati, Ayu.Konsumsi Soft Drink menyebabkan kerusakan gigi. Jurnal Ilmu Gizi Volume 6 Nomor 1 Februari 2015: 43 - 50

https://usaha321.net/pengertian-ph.html. Diakses pada hari selasa tamggal 23 April 2019 pukul 21.04

Ilyas, Muhammad. 2012. Kelarutan Magnesium email pada perendaman gigi dalam minuman yang mengandung asam bikarbonat dan asam sitrat (iinvitro).

Ireland, Robert. 2014. Kamus Kedokteran Gigi. Jakarta:EGC

Kasuma, Nila, M. Biomed. 2015. Fisiologi dan Patologi Saliva. Padang: Andalas University Press.

Kidd, Edwina A.M., Sally Joyston – Bechal. 1991. Dasar – dasar Karies Penyakit dan Penanggulangannya. Jakarta:EGC

Koswara S. Minuman Isotonik. [serial online] Available from: http://www.tekpan.unimus.ac.id/wp content/uploads/2013/07/minuman isotonik.pdf; 2009.

Musdalifah, Sitti. 2016. Dekolagenasi Limbah Tulang Paha Ayam Broiler (Gallus domesticus) oleh Natrium Hidroksida (NaOH) untuk Penentuan Kadar Kalsium (Ca) dan Fosfat (PO4).

Nasution, Abdillah Imron. 2016. Jaringan Keras Gigi Aspek Mikrostruktur dan aplikasi riset. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Panigoro, Syahril, Damajanty H.C. Pangemanan, Juliatri. 2015. Kadar Kalsium Gigi yang Terlart pada perendaman Minuman Isotonik. e-Gigi(Eg). 3:356 -360.

Pradini, Lusiana Ayu. 2016. Pengaruh larutan jeruk nipis dan gula pada dosis yang berbeda sebagai larutan penyemprot terhadap lama tetas dan saleable dod itik Tegal

Prasetyo EA. Keasaman minuman ringan menurunkan kekerasan permukaan gigi. Dental Journal;2005:38(2):60-3.

Ramadhani, Syarifah Fitria. 2013. Kelarutan Fosfat Email pada Perendaman Gigi dalam minuman Isotonik dan Asam Folat.

Seow WK, Thong KM. Erosive Effects of Common Beverages on Extracted Premolar Teeth. Australian Dental Journal; 2005:50(3):173-8.

Sibarani, Yosua Alexander. Demineralisasi dan Remineralisasi Gigi. [serial online] Avaible from: http://www.morphostlab.com/artikel/gigi-dan-mulut/demineralisasi-dan-remineralisasi.html.2011.

Zahara MA, Tee ML, Hazirah M, Selvamary S, Phor YJ, Hasnani NI, et al. Relationship between Food Habits and Tooth Erosion Occurrence in Malaysian University Student. Malaysia Journal Medical Sciences; 2012:19(2):56-66.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v18i2.1363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats