Hubungan Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Sekolah Dengan Pelaksanaan UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah) Di Sekolah Dasar Dan Sederajat Se Kota Makassar

Nurwiyana Abdullah

Abstract


Masalah kesehatan gigi dan mulut terutama gigi berlubang (karies) masih banyak dikeluhkan baik oleh anak-anak maupun dewasa dan tidak bisa dibiarkan hingga parah karena akan mempengaruhi kualitas hidupan mereka akan mengalami rasa sakit, ketidak nyamanan, cacat, infeksi akut dan kronis, gangguan makan dan tidur serta memiliki resiko tinggi untuk dirawat di rumah sakit, yang menyebabkan biaya pengobatan tinggi dan berkurangnya waktu belajar di sekolah. Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) adalah upaya kesehatan masyarakat yang ditujukan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut seluruh peserta didik di sekolah binaan yang ditunjang dengan upaya kesehatan perorangan berupa upaya kuratif bagi individu (peserta didik) yang memerlukan perawatan kesehatan gigi dan mulut.

 Program UKGS berjalan sejak 1951, tetapi kesehatan gigi pada anak usia  sekolah masih belum memuaskan, Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan status kesehatan gigi dengan pelaksanaan UKGS di sekolah dasar se kota Makassar, metode yang digunakan adalah survey analitik, dengan pendekatan cross sectional dengan sampel berjumlah 200 orang pada 10 sepuluh sekolah dasar dan yang sederajat, 10 orang guru Pembina UKGS dan 5 orang dokter gigi, data yang diperoleh dari hasil pemeriksaan indeks DMF-T, OHI-S, Dari Hasil pemeriksaan dan  wawancara akan dianalisis dengan menggunakan komputerisasi.

Sekolah yang memiliki UKGS Kurang aktif tidak ada hubungannya Status karies gigi dan status kebersihan gigi dan mulut pada siswa di beberapa sekolah dasar  dan sederajat yang memiliki demikian juga sekolah yang memiliki UKGS tidak aktif  tidak ada hubungannya dengan status  karies gigi dan status kebersihan gigi dan mulut pada siswa di beberapa sekolah dasar  dan sederajat kota Makassar. 

 

Kata Kunci      : DMF-T, OHI-S, UKGS


References


DAFTAR PUSTAKA

Adhani, Rosihan dkk.2014. Hubungan Pelaksanaan UKGS dengan Status Kesehatan Gigi dan Mulut Murid Sekolah Dasar dan Sederajat di Wilayah Kerja Puskesmas Cempaka Putih Kota Banjarmasin. Online, Vol II No 1 (http://eprints.unlam.ac.id/268/) diakses: 05 Maret 2016.

Annisa, Aulia. 2014. Perbedaan Prevalensi Karies dan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Pada Murid Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun yang Memiliki UKGS dengan yang Tidak Memiliki UKGS di Kecamatan Kolaka Tahun 2014.Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Bakar, Abu. 2012. Kedokteraan Gigi Klinis. Yogyakarta: Quantun Sinergis Media.

Dinas Kesehatan Sukoharjo. 2014. Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS). Online (http://dkk.sukoharjokab.go.id/read/usaha-kesehatan-gigi-sekolah-ukgs) diakses: 02 Maret 2016.

Fitri, Kartika Yuana. 2015. Perbedaan Kasus Karies Gigi Pada Murid Sekolah Dasar yang Memiliki Kegiatan UKGS Dan Tidak Memiliki Kegiatan UKGS di Kecamatan Enggal.Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Frencken, Jo dkk. 1997. Pedoman Perawatan Restoratif Atraumatic. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Junifer, Richard P & Parkins, Brian J. 1996.Kedaruratan Dalam Praktek Dokter Gigi Diagnosis dan Penatalaksanaan. Jakarta: Hipokrates

Kidd, Edwina & Bechal, Sally Joyston. 1991. Dasar-Dasar Karies Penyakit dan Penanggulangan. Jakarta: ECG.

KEMENKES RI. 2012. Rencana Program Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut. Online (http://dinkes.babelprov.go.id/sites/default/files/data/Renc.Program.pdf) diakses: 02 Maret 2016.

Mumpuni, Yekti & Pratiwi, Erlita.2013. 45 Masalah & Solusi Penyakit Gigi dan Mulut. Yogyakarta: Rapha Publishing.

N, Indirawati Tjahja dkk. 2013. Riskesdas 2013, Kesehatan Gigi dan Mulut. Online (http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf) diakses: 02 Maret 2016.

Pratiwi, Donna. 2007. Gigi Sehat Merawat Gigi Sehari-hari. Jakarta: Kompas

Ramadhan, Ardyan Gilang. 2010. Serba-Serbi Kesehatan Gigi dan Mulut. Jakarta: Bukune.

Sardjono, Bambang dkk. 2012. Pedoman Usaha Kesehatan Gigi Sekolah. Online (UKGS), Online (http://pbpdgi.or.id/wp-content/uploads/2015/04/UKGS.pdf), diakses: 02 Maret 2016.

Tarigan, Rasinta. 2013. Karies Gigi. Jakarta: ECG




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v17i1.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

View My Stats