PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PERTUMBUHAN GIGI ANAK

Jumriani Jumriani, Sunomo Hadi

Abstract


Pengetahuan sangat penting dalam mendasari terbentuknya sikap dan perilaku yang mendukung atau tidak mendukung kesehatan khususnya kesehatan gigi dan mulut. Terutama dalam hal ini  pengetahuan orang tua sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan gigi anaknya. Pertumbuhan gigi sulung  sangat berguna sebagai panduan pertumbuhan gigi tetap, terutama pada masa usia sekolah dasar sebab pada masa-masa ini terjadi pergantian dan pertumbuhan gigi anak.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran pengetahuan orang tua tentang pertumbuhan gigi anak Studi dilakukan pada pasien anak yang berkunjung di Klinik Gigi Amanah Makassar dengan sampel sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan orang tua tentang pertumbuhan gigi anak pada Klinik Amanah Makassar, kategori kurang dalam hal periode pertumbuhan gigi dan persistensi. Kesimpulan dalam penlitian ini adalah gambaran pengetahuan orang tua tentang pertumbuhan gigi anak, yang meliputi periode pertumbuhan gigi dan  persistensi di  Klinik Gigi Amanah Makassar, termasuk dalam kategori kurang.

 

Kata kunci : gigi, orang tua, pengetahuan, pertumbuhan


References


Azifah, 2010. “Gambaran Kasus Pencabutan Gigi Persistensi di Poliklinik Gigi Rumah Sakit Ibu dan Anak Pemerintah Aceh Tahun 2010”. Jurnal. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala

Eddy E, Mutiara H,2010, Peranan ibu dalam pemeliharaan kesehatan gigi terhadap status karies gigi balita, Dentika dental journal.

Budiharto, 2009. Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta : EGC

Gunarsa, 2003. Psikologi Untuk Keluarga . Jakarta : Gunung Mulia

Fenanlampir, 2014 “Gambaran Indikasi Pencabutan Gigi Dalam Periode Gigi Bercampur Pada Siswa SMP Negeri Langowan”,Jurnal e-Gigi (eG,Vol 2, No 2.

Munifah Abdat, 2017, Pengetahuan sikap ibu mengenai gigi sulung anaknya serta kemauan melakukan perawatan, cakradonya.journal, vol 1

Maulani, 2005. “Kiat Merawat Gigi Anak Panduan Orang Tua Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Anak-Anaknya”. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Manohar J, Mani G, 2017, knowledge and attitude of parent regarding children’s primary teeth and their willingness for treatment. Jounal of pharmaceutical science and research. 9 no 2.

Hanna, Y, 2018. ”Apa Fungsi Gigi Susu” 14 Januari 2018 Home/iptek https://www.google.com

Itjingningsih, 2015. Anatomi Gigi Edisi 2. Jakarta: EGC “Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dengan Kebersihan Gigi dan Mulut Anak di TK Tunas Bhakti Manado”, jurnal e-Gigi. Vol 2 No 2.

Indriyanti R, 2006 “Pola Erupsi Gigi Permanen Ditinjau Dari Usia Kronologis Pada Anak Usia 6 Sampai 12 Tahun”. Laporan Penelitian. Bandung : FKG UNPAD

Prianggajati, 2013. Jurnal EduHealth. Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Volume 3 nomor 2, September 2013

Suratri Mal, Sintawati, andayasari, 2016, pengetahuan, sikap dan perilaku orang tua tentang kesehatan ggi dan mulut pada naak usia taman kanak-kanak di provinsi banten . Jakarta. Media litbangkes.

Worang, 2014 “Dukungan sosial keluarga dan perilaku anak dengan karies gigi dalammelakukan perawatan gigi dan mulut” https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=+pergantin+gigi worang+2014&btnG=




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v20i1.2166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats