Implementasi Manajemen Promosi Kesehatan Dalam Menurunkan Angka Karies Gigi Pada Anak Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar Sulawesi Selatan Tahun 2017

ibrahim S.T.KG M.Kes

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat fenomenologi bertujuan untuk mengeksplorasi lebih mendalam tentang manajemen promosi kesehatan dalam menurunkan angka karies gigi pada anak sekolah dasar di wilayah kerja puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar dari aspek input, proses, output dan out came. Informan penelitian ini sebanyak 11 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan Focal Discision Group (FGD) dengan teknik analisis data menggunakan petunjuk miles dan huberman.

Penelitian ini menyimpulkan (1) Input dalam program UKGS terdiri dari tenaga pelaksana yaitu tenaga kesehatan dari puskesmas, guru pembina UKS/UKGS dan dokter kecil dari pihak sekolah, pendanaan berasal dari dana BOS, dana BOK dan swadaya masyarakat, sarana dan prasarana yang digunakan yaitu ruangan, buku pedoman, poster, phantom, sikat gigi dan pasta gigi serta alat-alat dan obat-obatan medis gigi serta metode yang digunakan yaitu metode UKGS paket III (ketiga). (2) Proses dalam program UKGS terdiri dari intervensi perilaku berupa pendidikan kesehtan gigi dan mulut, sikat gigi massal, pemeriksaan kebersihan gigi dan mulut setiap hari sebelum masuk kelas dan intervensi medis berupa penjaringan kesehatan gigi 1 kali setahun pada anak kelas I SD, pemerikasaan secara berkala setiap 3 bulan sekali dengan tindangkan pencabutan gigi sulung yang erupsi, penambalan gigi dan pembersihan karang gigi serta melakukan rujukan ke puskesmas untuk tindakan lebih lanjut. (3) Output dalam program UKGS yaitu adanya penurunan angka karies gigi pada siswa setelah dilakukan peogram UKGS. (4) Out Came dalam program UKGS yaitu adanya perubahan perilaku siswa dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut setelah dilakukan program UKGS.

Penelitian ini menyarankan perlu adanya peningkatan pengetahuan guru pembina UKS/UKGS melalui pelatihan sebagai bekal untuk membina dan mengatur pelaksaanaan program UKGS di sekolah dan perlu adanya penambahan tenaga kesehatan gigi mengingat banyaknya sekolah binaan yang di bina oleh puskesmas Kassi Kassi

Kata Kunci : Manajemen Promkes, Program UKGS, Karies Gigi. 


References


DAFTAR PUSTAKA

Selintung, M. 2011. Pengenalan Sistem Penyediaan Air Minum. Makassar: ASPublishing.

Mardikanto, T. dan Soebianto, P. 2012. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung. Alfabeta.

Theresia, A., et al. 2015. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pekerjaan Umum. 2015. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program PAMSIMAS. Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, Jakarta.

Hasan, Sumardin. 2014. Model Tangga Partisipasi Masyarakat Pada Implementasi Program Desa SIaga “KAMPO WARAKA” di Kabupaten Buton Utara. Tesis. tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.

Notoatmodjo. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Cetakan Pertama. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Waryana. 2016. Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Chaerunnissa, C. C. C. 2015. Partisipasi Masyarakat Dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Di Kabupaten Brebes (Studi Kasus Desa Legok dan Desa Tambakserang Kecamatan Bantarkawung). Politika: Jurnal Ilmu Politik, 5(2).

Abdus, M. (2011). Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan desa siaga di desa Tumbukan banyu kecamatan daha selatan kabupaten Hulu sungai selatan propinsi Kalimantan selatan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Purnamasari, I. 2008. Studi Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Di Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Sulaeman, E.S. 2012. Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v17i1.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

View My Stats