METODE SIMULASI KEGAWATDARURATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DALAM PENANGANAN KEGAWATDARURATAN PADA SMP NEGERI 2 GALESONG METHODS FOR EMERGENCY SIMULATION ON ENHANCEMENT OF KNOWLEDGE AND SKILLS IN EMERGENCY HANDLING IN SMP NEGERI 2 GALESONG

abd junaidi

Abstract


ABSTRACT

 

Emergency or emergency is a condition that is life-threatening and requires immediate help, and can happen to anyone, anytime, and anywhere (Susilowati, 2015) First aid is a quick and temporary relief given to someone who suffered injuries or developed a sudden illness. This assistance uses the facilities and equipment available at that time and the place needed. Health education with a first aid simulation method (accidental first aid) is one method to provide students with knowledge and experience about first aid in an accident. To find out the effect of giving emergency simulation methods to increase students' knowledge and skills in handling emergencies in schools for students in Middle School Neg. 2 North Galesong.The type of research is quasi experimental with the design of one group pretest-posttest design. The instruments used were questionnaires and skill checklists. The number of samples in this study were 30 respondents who were registered as members of the UKS. Testing uses the Wilcoxon Test with an error tolerance of 5% (α 0.05).The results of the study showed before giving training and after giving knowledge and skills training students scored p = 0,000. The results of the study show that there is an effect of giving emergency simulation methods to the improvement of students' knowledge and skills in handling emergencies. Keywords : Keywords: Simulation, Knowledge and skills

 

 

ABSTRAK

 

Emergency atau gawat darurat merupakan suatu kondisi yang bersifat mengancam jiwa dan membutuhkan pertolongan dengan segera, serta dapat terjadi vpada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja (Susilowati, 2015) Pertolongan pertama merupakan pertolongan secara cepat dan bersifat sementara waktu yang diberikan pada seseorang yang menderita luka atau terserang penyakit mendadak. Pertolongan ini menggunakan fasilitas dan peralatan yang tersedia pada saat itu dan tempat yang dibutuhkan. Pendidikan kesehatan dengan metode simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK) yaitu salah satu metode untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada siswa tentang pertolongan pertama pada kecelakaan. Untuk mengetahui pengaruh pemberian metode simulasi  kegawatdaruratan terhadap peningkatan pengetahuan dan  keterampilan siswa dalam penanganan  kegawatdaruratan di sekolah pada  siswa di  SMP Neg. 2 Galesong Utara.

Jenis penelitian adalah  quasi experimental dengan rancangan one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan ceklist keterampilan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang terdaftar sebagai anggota UKS. Pengujian menggunakan Uji Wilcoxon dengan toleransi kesalahan sebesar 5% (α 0.05).

Hasil penelitian memperlihatkan sebelum pemberian pelatihan dan setelah pemberian pelatihan pengetahuan dan keterampilan siswa  didapatkan  nilai p = 0.000.  Hasil penelitian memperlihatkan ada pengaruh pemberian metode simulasi kegawat daruratan  terhadap pe ningkatan pengetahuan dan keterampilan Siswa dalam penanganan kegawatdaruratan.

 

Kata Kunci : Simulasi, Pengetahuan dan keterampilan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto S, 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, S 2007.Metodologi penelitian ,Yogjakarta: Pustaka pelajar

Anitah, Sri, W, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Campbell S, Lee C, 2000, Obstetri Emergency, 17 th edition. Arnold publisher, PP.303-3017

Dorland, WAN, 2010. Kamus Kedokteran Dorland. Edisi 31.Jakarta : EGC, 773

Syaefudin, Udin., Syamsuddin, Abin. (2005).Perencanaan Pendidikan Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto, M.Pd (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Penerbit : PT. Prestasi Pustakaraya - Jakarta. Hal.140.

Wawan.A, Dewi.M. 2010. Teori & Pengukuran Pengetahuan,Sikap dan Perilku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nursalam. 2013. Metotodologi Penelitian Ilmu Keperawatan.Jakarta: Salemba Medika.

Direktorat Bina pelayanan dan keteknisan Medik, 2011.Standar pelayanan keperawatan gawat darurat di rumah sakit, Jakarta: kementerian kesehatan Republik Indonesia

Dahlan, SM, 2010, Besar sampel dan cara pengabilan sampel dalam penelitian kedokteran dan kesehatan, Edisi 3, Jakarta : Salemba Medika

Glazer, E. (2004). Using veb sourcer to promotecritical thinking in high school mathematicdalam ww.math.unipu

Notoatmodjo,S,2017.Ilmu prilaku Kesehatan, Jakarta :Rineka Cipta

Notoatmodjo,S,2011.Kesehatan Masyarakat,Ilmu dan Seni , Jakarta :Rineka Cipta

Hamidi.2011. Pertolongan Pertama. UPI. URL: file.upi.edu/Direktori/pertolongan_pertama.pdf

Petra & Aryeh. 2012. Basic of Blood Management. New York: Wiley publisher




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v10i1.976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindex Oleh: