HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER SERVIKS DI RUMAH SAKIT IBNU SINA MAKASSAR PERIODE JANUARI-JUNI 2017

hidayati hidayati, Subriah Subriah

Abstract


Dukungan  keluarga  terhadap  pasien  kanker  sangat  dibutuhkan  untuk  meningkatkan mental dan semangat hidup pasien kanker, juga sangat diperlukan dalam hal psikologis kaitannya dengan penurunan kecemasan sehingga berpengaruh terhadap kualitas hidup pasien. Setiap perempuan beresiko terkena kanker serviks tanpa memandang usia dan latar belakang. Kanker serviks dan kanker payudara yang menempati urutan tertinggi di Indonesia. Kemoterapi  merupakan  cara  pengobatan  kanker  yang  paling  banyak  dilakukan (Azwar  2007), namun  dapat  menimbulkan  ketidaknyamanan, meningkatkan stres dan  mempengaruhi kualitas  hidup klien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien kanker serviks di rumah sakit ibnu sina makassar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian epidemiologi dengan determinan analitik yang menggunakan pendekatan Cross – Sectional yaitu dengan melakukan pengukuran sesaat untuk mengambil hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien kanker serviks.

Hasil penelitian menggunakan korelasi Pearson Product Moment diketahui bahwa nilai korelasi hitung sebesar 0,413 dengan nilai probabilitas 0,023 (ρ value <0,05), terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien kanker serviks.

Kata kunci                 :     Kanker Serviks, Kualitas hidup. Dukungan keluarga


References


Ali Zaidin, 2010. Pengantar Keperawatan Keluarga. Jakarta ; EGC.

Friedman, et al, 2010. Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset Teoridan Praktik, Alih Bahasa, AkhirYanis, Hamid dkk, eds. Jakarta : EGC.

Fitriana, N. A., 2012, ‘Kualitas Hidup Penderita Kanker Serviks yang Menjalani Pengobatan Radioterapi’, Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, vol. 1, no. 2, hh. 123-129.

Farida, 2010. “Pengalaman Klien Hemodialisis Terhadap Kualitas Hidup dalam Konteks Asuhan Keperawatan di RSUD Fatmawati, Jakarta”. Universitas Indonesia, Tesis, Depok.

Hakim Rijalul, 2013.Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi di RSUD Kraton

Pekalongan.http://www.eskripsi.stikesmuhpkj.ac.id/eskripsi/index.php?p=fstreampdf&fid=425&bid=480.

Nursalam, 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Sumba Medika ; Jakarta.

Nomora Lamongga Lubis, 2011. Dukungan Sosial pada Pasien Kanker, Perlu kah ?. Medan ; USU Press.

Prawirohardjo Sarwono. Ilmu Kandungan. Jakarta. PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 2012

Rasjidi Imam. Epidiemologi Kanker Serviks. Tanggerang. Journal Of Canser.2009

Suhud, M, 2009, ‘Apakah Kualitas Hidup Itu?’, Dialife, April, h. 4.

Supriyadi, Wagiyo dan Widowati, 2011. “Tingkat Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik terapi Hemodialisis”. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Makassar.

Saragih, Rosita, 2010, ‘Peranan Dukungan Keluarga dan Koping Pasien Dengan Penyakit Kanker terhadap Pengobatan Kemoterapi di RB 1 Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Tahun 2010’, Tesis MKep, Universitas Darma Agung.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v12i1.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter