Intervensi Massage dan Kinesio Tapping menurunkan Nyeri Musculus Hamstring

Suharto Suharto, Darwis Durahim, Sri Saadiyah Leksonowati

Abstract


ABSTRAK

 

Cedera pada hamstring umumnya terjadi karena adanya kerentanan atau kesalahan pada posisi anatomi. Pada pemain  futsal kebanyakan terjadi cedera strain hamstring pada saat lari biasa dan lari cepat atau sprint. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Massage effleurage dan Kinesio Tapping terhadap perubahan nyeri musculus hamstring pada pemain futsal. Penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one group pre test – post test. Sampel penelitian ini pasien yang mengalami nyeri musculus hamstring sehabis bermain futsal diberikan Massage effleurage dan kinesio tapping selama 4 minggu dengan frekuensi pemberian 2 kali seminggu. Alat ukur penelitian ini adalah VAS . Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwah ada pengaruh pemberian Massage effleurage dan Kinesio tapping terhadap perubahan nyeri musculus hamstring pada pemain futsal diperoleh nilai p ( 0,003) ( p<0,005).

 

Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah Massage dan Kinesio tapping dapat menurunkan nyeri musculus hamstring. Disarankan kepada pemain futsal agar memberikan massage dan menggunakan tapping apabila terajadi cedera otot hamstring akibat bemain futsal.

 

Kata Kunci : Massage , Kinesio tapping,  musculus hamstring


Full Text:

PDF (Full Text)

References


DAFTAR PUSTAKA

Adjam, Fadli Ramlih., 2016. Pengaruh Penembahan Kinesio Taping Pada TransverseFriction Terhadap Penurunan Nyeri Tennis Elbow. Skripsi. Program Studi Fisioterapi. Universitas Aisyiah Jogja.

Afrianti.W.W., Sukadarwanto. 2016. Pengaruh Fisiotaping Terhadap Peningkatan Kemampuan Fungsional Pada Pasien Osteoarthritis. Jurnal Keterapian Fisik, Volume 1, No 1: Page 01-74

Amalia,Ana., Elyana Mafticha. 2012 Jenis Persalinan Dengan Skala Nyeri Involusi Uterus Masa Nifas Di Rsud Prof. Dr. Soekandar Mojosari Mojokerto Jurnal Ilmiah Kesehatan Politeknik Kesehatan Majapahit. Vol 4 : No. 2

Baharuddin, Moh.2013. Penanganan Cedera Olahraga Pada Atlet (Pplm) Dan (Ukm) Ikatan Pencat Silat Indonesia Dalam Kegiatan Kerjurnas Tahun 2013.

Galuh R. Mufti. Harold F. Tambajong. Diana Lalenoh. 2016. Gambaran skala visual analog dan hemodinamik pada pasien yang diberikan kombinasi tramadol dan ketorolak pasca bedah laparotomi.

Jurnal e-Clinic (eCl), Volume 4, Nomor 1,

Guspriadi, Eko. 2013. Cedera dalam sepakbola dan futsal. Tabloid Soccer, edisi 17/XI, www.ueu20126619.weblog.esaunggul.ac.id/2013/08/27/cedera-dalam-sepakbola-dan-futsal

Hyun Bae, Sea,. Young-Shin Lee., Gi-Do Kim., Kyung-Yoon Kim. 2014. The Effects Of Kinesio-Taping Applied To Delayed Onset Muscle Soreness On Changes In Pain. International Journal of Bio-Science and Bio-Technology Vol.6, No.3 (2014)

Mila.J.H., Caecilia.S.W., Yuniar. 2014. Usulan Strategi Minimasi Stres Kerja Pada Pekerja Back Office Bank Jabar Banten Berdasarkan Galvanic Skin Response, Visual Analog Scale, dan NIOSH General Job Stress Questionnaire*. Jurusan Teknik Industri Itenas: Vol.02. No.2.

M.irfan, Natalia. 2008. Beda Pengaruh Auto Stretching dengan Contract Relax and Stretching terhadap Penambahan Panjang Otot Hamstrin. Jurnal Fisioterapi Indonusa Vol. 8 No. 1, April 2008

Paul M, Taylor, Diene K. Taylor. 2002. Mencegah dan Mengatasi Cedera Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Nurvi Alfi., Irfan, M. 2009. Efek Penambahan Taping pada Intervensi Micro Wave Diathermy dan Stretching Terhadap Pengurangan Nyeri pada Kondisi Plantar Fascitis. Jurnal Fisioterapi: Vol. 9 No. 2 p. 3.

Setiawan, Budi., Sulaiman., Rustiana, Raffy, Eunike. 2014. Pengembangan Self Massage dan Terapi Latihan pada Cedera Ankle ( Pergelangan Kaki). Journal Of Physical Education And Sports. Vol 3 No. 1

Sukarmin,Yustinus. 2005. Cedera Olahraga Dalam Persektif Teori Model Ekologi.Jurnal Medikora. Vol 1 : No. 1

Suriani.S. 2016. Mengatasi Doms Setelah Olahraga. Jurnal motion : Vol VII, No.1, 102

Tri, Purnomo, Nowo. 2016. Pijat ( Massage) Cidera Olah raga. Semarang: Wahid Hasyim University Press.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v16i1.2118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suharto, Darwis Durahim, Sri Saadiyah Leksonowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.