PENGARUH MOBILISASI SARAF TERHADAP PERUBAHAN NILAI NYERI PADA PENDERITA MYOGENIC LOW BACK PAIN

Willy Yataro Poluan, Djohan Aras

Abstract


ABSTRAKLow back pain adalah suatu syndrome nyeri yang terjadi pada regio punggung bawah yang merupakan akibat dari berbagai sebab antara lain karena kesalahan posisi tubuh dan gerakan yang berulang. Mobilisasi saraf merupakan modalitas fisioterapi yang bertujuan memperbaiki mobilitas jaringan saraf (intraneural) dan pergerakan dipermukaan saraf (extraneural). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian mobilisasi saraf terhadap perubahan nilai nyeri pada penderita myogenic low back pain, menggunakan alat ukur Visual Analogue Scale (VAS). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain penelitian time-series experimental design. Penelitian dilaksanakan di RSUD Bitung pada April sampai Mei 2017. Responden peneliti dipilih berdasarkan kriteria inklusi dengan jumlah sampel 20 orang. Hasil penelitian dari data analisis menggunakan Uji T berpasangan, dengan hasil yang didapat yaitu pretest-posttest 3 kali penanganan adalah p=0,000 (p<0,05) dan hasil yang didapat pretest-posttest 6 kali penanganan adalah p=0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa baik 3 kali penanganan dan 6 kali penanganan dapat memberi pengaruh pada nilai nyeri. Rerata dari pretest adalah 67,35 sedangkan rerata dari posttest 3 kali penanganan adalah 58,15 dan rerata dari posttest 6 kali penanganan adalah 45,75. Selisih rerata pretest dengan posttest 3 kali pengananan adalah 9,2 dan selisih rerata posttest 3 kali penanganan dan 6 kali penanganan adalah 12,4.  Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi frekuensi pemberian mobilisasi saraf, maka penurunan nyeri akan semakin signifikan bagi penderita low back pain.


References


Richardson D, Hodge P, Hides J. Theraupetic exercise for lumbopelvic stabilization and prevention of low back pain edisi dua. Livingstone: Elsevier; 2004.

Pratiwi MH, Setyaningsih Y, Kurniawan B, Martini. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap keluhan nyeri punggung bawah pada penjual jamu gendong. Journal Promosi Kesehatan Indonesian. 2009;4: 61-7.

Putri FKS, Mulyadi, Lolong J. Pengaruh pendidikan kesehatan tentang low back pain terhadap tingkat pengetahuan pegawai negeri sipil di kantor balai pelestarian nilai budaya manado. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. 2014.

Nugroho F. Pengaruh penambahan mobilisasi saraf dan static stretching setelah intervensi short wave diathermy untuk mengurangi nyeri akibat ischialgia. Universitas Muhammadiah Surakarta. Solo. 2012; 1-8

Malik N, Kataria C, Sachdev NB. Comparative effectiveness of straight leg raise and slump stretching in subjects with low back pain with adverse neural tension. International Journal of Health and Rehabilitation Science. 2012; 1: 2-10.

Cleland JA, Childs JD, Palmer JA, Eberhart S. Slump stretching in the management of non radicular low back pain: a pilot clinical trial. Manual Therapy 11. 2006; 279-86.

Mansuri F, Shah N. Effect of slump stretching on pain and disability in non radicular low back pain. International Archives of Integrated Medicine Volume 2. 2015;5:18-25.

Marras WS. The working back a system view. USA: Wiley-Interscience; 2008.

Andini F. Risk factor of low back pain in workers. Article Review Volume 4. Lampung: J Majority. 2015;1: 12-9.

McKenzie R, Kubey C. 7 steps to a pain-free life. New York: A Dutton Book; 2000.

Sarkari E, Multani NK. Efficacy of neural mobilization on sciatica. Journal of Exercise Sciense and Physiotherapy. 2007;3: 136-41.

Butler DS. Mobilization of the nerveous system. Australia: Churchill Livingstone; 1991.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v12i2.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar



Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.