STUDY HASIL PENETAPAN KADAR ASAM URAT TERHADAP INDIVIDU YANG MENGKONSUMSI JUS KENTANG

Artati Artati, Nurlia Naim

Abstract


Study Hasil Penetapan Kadar Asam Urat Terhadap Individu Yang Mengkonsumsi Jus Kentang. (pembimbing: Hj.Nurlia Naim dan Leonardus). Penyakit asam urat ini banyak terjadi di masyarakat dan dapat di kategorikan sebagai salah satu penyakit yang paling umum terjadi, asam urat disebabkan dari makanan dan minuman yang mempunyai kadar protein yang tinggi. Dengan mengkonsumsi kentang yang mempunyai kandungan gizi protein yang rendah maka kentang dapat di jadikan sebagai makanan yang dapat menetralisirkan asam urat dan beberapa kandungan gizi yang dapat menurunkan kadar purin. Ahli Gizi Holistik, Luke Continho menjelaskan manfaat kesehatan dari jus kentang mentah seperti yang dilansir dari laman Thehealthsite jika menderita asam urat yang menyebabkan akumulasi kristal dijari kaki dan sendi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu laboratorik (Quasy experiment) yaitu mengetahui perbandingan study hasil penetapan kadar asam urat terhadap individu yang mengkonsumsi jus kentang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 juli 2018 di laboratorium kimia klinik analis kesehatan poltekkes makassar. Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap 14 sampel penderita asam urat yang mengkonsumsi jus kentang di dapatkan 85,7% terjadi penurunan. Mengingat bahwa penyakit asam urat bukanlah penyakit yang biasa maka peneliti menyarankan bagi penderita asam urat dapat mengkonsumsi jus kentang.

 

Kata kunci :  Jus Kentang, Asam Ura


References


Adib M, 2011. Pengetahuan Praktis Ragam Penyakit Mematikan Yang Paling Sering Menyerang Kita. Yogyakarta: Buku Biru

Anonim, 2011. Bab II Tinjauan Pustaka Pemeriksaan Asam Urat. Diakses Pada Tanggal 4 Juli 2018. Repository.unimus.ac.id.

Apriyanti M, 2012. Meracik Sendiri Obat Dan Menu Sehat Bagi Penderita Asam Urat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Buku Panduan Multi-Monitoring System AUTOCHECK, 2014. Jakarta: PT.Mega Pratama Medicalindo.

Dalimartha S, 2011. Resep Tumbuhan Obat Untuk Asam Urat. jakarta: penebar swadaya. Hidayah A, 2011. Kesalahan-kesalahan Pola Makan Pemicu Seabrek Penyakit Mematikan. Yogyakarta: Buku Biru

Jessica S,M,Sugiarto C,Fenny. Perbandingan Kadar asam urat darah dengan metode spektrofotometer dan metode Electrode-based biosensor. Diakses pada tanggal 4 juli 2018. Digilib.unimus.ac.id Junaidi I, 2013. Rematik Dan Asam Urat. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Mulyanto D, 2012. Panjang Umur Dengan Kontrol Kolesterol Dan Asam Urat. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka. Pursriningsih S.S, 2015. Hubungan Asupan Purin,Vitamin C Dan Aktivitas Fisik Terhadap Kadar Asam Urat Pada Remaja Laki-Laki. Diakses Pada 5 April 2018. http://ejournals1.undip.ac.id/indeks.php/jnc.

Rahmawati S, 2010. Menu Sehat Asam Urat. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani. Rushdie, 2009. Cara Murah Hidup Sehat Tanpa Zat–Zat Kimia. Yogyakarta: Garailmu

Sustrani L, Alam S, Hadriboto Y, 2004. Asam Urat. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama. Opi R, 2014. Asam Urat, Metabolisme Asam Urat Dan Pemeriksaan Asam Urat. Diakses Pada 1 agustus 2018. http://opiropiah.blogspot.com/2014/08/asam-urat-Metabolismeasam-urat-dan.

Zulkarnain H, 2013. Budidaya Sayuran Tropis. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v14i1.919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar



Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.