KONDISI TERKINI PENYAKIT KUSTA DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN KABUPATEN GOWA

Wibowo wibowo, Amir Su’udi, Muh Sahir

Abstract


Penyakit lepra, yang lebih dikenal dengan Morbus Hansen atau kusta adalah infeksi kulit kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Lepra termasuk penyakit tertua dalam sejarah, dikenal sejak tahun 1400 sebelum masehi. Infeksi ini menyerang saraf tepi dan kulit, kemudian saluran pernapasan atas, dan bisa juga menyerang organ lain kecuali otak. Jumlah penderita lepra di dunia pada tahun 2007 diperkirakan 2-3 juta orang lebih. Pada 2008, penderita penyakit lepra di Indonesia diperkirakan sebanyak 22.359 atau 0,73 kasus dari setiap 100.000 penduduk, dengan jumlah kasus baru sebanyak 16.668. Penyakit ini banyak ditemukan terutama di pulau Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran situasi terkini penyakit kusta di wilayah kerja dinas kesehatan kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Hasil penelitian ditemukan adanya kasus kusta di wilayah kerja dinas kesehatan Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan diketahui bahwa penemuan kasus kusta tertinggi adalah Pausi Basiler sebesar 56,3% pada laki-laki dan sebesar 43,7% ditemukan pada perempuan. Sedangkan kasus tertinggi pada kusta Multi Basiler adalah sebesar 69,1% pada laki-laki dan sebesar 30,9% ditemukan pada perempuan. Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa penemuan kasus kusta pausi basiler tertinggi di wilayah Kabupaten Gowa adalah sebesar 37,5% yang terdapat di Kecamatan Sombaopu dan penemuan kasus terendah adalah sebesar 6,25% di Kecamatan Kanjilo dan Parangloe. Sedangkan penemuan kasus kusta multi basiler tertinggi di wilayah Kabupaten Gowa adalah sebesar 17,3% yang terdapat di Kecamatan Tompobulu dan penemuan kasus terendah adalah sebesar 1,2% di Kecamatan Bungaya. Kesimpulan : ditemukan kasus kusta di wilayah kerja dinas kesehatan kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

References


Widoyono. Penyakit Tropis Epidemiologi: Penularan, Pencegahan, dan Pemberantasannya Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga;2011.

Awaluddin. Beberapa Faktor Risiko Kontak dengan Penderita Kusta dan Lingkungan yang Berpengaruh Terhadap Kejadian Kusta di Kabupaten Brebe [Tesis]. Semarang:

Faturahman, Yuldan. Faktor Lingkungan Fisik Rumah yang Berhubungan dengan Kejadian Kusta di Kabupaten Cilacap. Jurnal FKM UNSIL. 2011; 282-295.

Amirudin, Muhammad Dali. Penyakit Kusta Sebuah Pendekatan Klinis. Makassar: Brilian International; 2012.

Universitas Diponegoro; 2004. World Health Organization. Prevalence of Leprosy. [diakses 18 januari 2014]. Available at: http://www.who.int/lep/sotuation/prevalence/en/index.html.

Ditjen PP&PL Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2011. Jakarta: Keenterian Kesehatan RI; 2012

Bidang P2PL Provinsi Sulawesi Selatan. Profil Kesehatan Sulawesi Selatan 2013. Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan. 2014.

Norlatifah, Adi Heru Sutomo, Solikhah. Hubungan Kondisi Fisik Rumah, Sarana Air Bersih dan Karakteristik Masyarakat dengan Kejadian Kusta di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Jurnal Kesmas UAD. 2010; 4(3) 144 - 239.

Amirudin, Muhammad Dali. Penyakit Kusta Sebuah Pendekatan Klinis. Makassar: Brilian International; 2012.

Faturahman, Yuldan. Faktor Lingkungan Fisik Rumah yang Berhubungan dengan Kejadian Kusta di Kabupaten Cilacap. Jurnal FKM UNSIL. 2011; 282-295.

Rismayanti, Dwina. 2012. Hubungan Antara Sanitasi rumah dan Personal Hygiene dengan kejadian Kusta Multibasiler. Unnes Journal of Public Health. 2012; 1(2): 1-10

Syamsir, Makmur Selamo, Erniwati Ibrahim. Karakteristik Kondisi Hunian Penderita Kusta di Wilayah Kerja Puskesmas Turikale dan Mandai Kabupaten Maros. Jurnal Kesmas UAD. 2012; 1 - 9.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v14i1.924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar



Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.