PENGARUH PEMBERIAN PILATES EXERCISE TERHADAP PERUBAHAN FLEKSIBILITAS LUMBAL PADA IBU POST PARTUM

Djohan Aras, Firdayanti Rauf, Fitrah Nasaruddin, Sri Saadiyah L

Abstract


Mengukur nilai fleksibilitas lumbal adalah salah satu cara untuk mengetahui tingkat kelenturan tubuh pada ibu post partum, yang dapat berpengaruh terhadap ruang gerak sendi. Pada ibu post partum akan mengalami beberapa perubahan seperti kelemahan dan penguluran terutama otot-otot panggul, pinggang, dan dinding perut, hal ini dapat menimbulkan ikat sendi/otot menjadi kendor dan dapat berpengaruh terhadap ruang gerak sendi. Pilates exercise merupakan latihan yang memfokuskan pada peningkatan daya tahan, kekuatan dan fleksibilitas pelvis, abdominal, maupun vertebra menggunakan metode stretching dan strengthening dengan tujuan mempertahankan stabilisasi tulang belakang baik pada posisi diam ataupun bergerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pilates exercise terhadap perubahan fleksibilitas lumbal pada ibu post partum. Metode penelitian ini yaitu pra-eksperimental dengan One Group Pre-Post Test Design. Responden terdiri dari 15 ibu post partum, fleksibilitas lumbal ibu post partum dievaluasi menggunakan Modified Schober test (MST) sebelum dan sesudah 9 kali perlakuan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil pretest dan posttest fleksibilitas lumbal menunjukkan peningkatan dengan hasil p = 0,001 (p<0,05) yang artinya terdapat perubahan yang signifikan antara pilates exercise dengan perubahan fleksibilitas lumbal. Penelitian ini menunjukkan pemberian pilates exercise dapat meningkatkan fleksibilitas lumbal pada ibu post partum.

Kata Kunci: Fleksibilitas lumbal, pilates exercise, post partum


References


Bobak IM, Lowdermik DL, Jense MD, & Perry SE. Buku ajar keperawatan maternitas edisi 4. Jakarta; 2005.

Murray SS, Mckinney ES. Foundations of maternal-newborn Nursing 4th Ed. Philippines: Elservier; 2007.

Suherni. Ilmu kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka; 2009.

Faradila, Dwi. Pengaruh senam nifas terhadap perubahan nilai kekuatan otot perut pasca persalinan normal di rumah sakit ibu dan anak sitti khadijah Makassar [skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin, 2013.

Pearce, EC. Anatomi dan fisiologi untuk paramedis. Jakarta: garamedia Pustaka Utama; 2010.

Leksonowati, Sri Saadiyah. Pengaruh kegel’s exercise terhadap kelemahan otot dasar panggul pada ibu post partum di RSIA sitti khadijah 1 makassar [skripsi]. Makassar: Universitas Hassanuddin, 2007.

Kloubec, J. Pilates for improvement of muscle endurance, flecibility, balance, and posture. J strength cond res. 2010; 24:661-67.

Prabandani, DA. Perbandingan nilai fleksibilitas tubuh ibu post partum yang melakukan dan tidak melakukan senam pilates [skripsi]. Semarang: Universitas Dipenogoro, 2016.

Ilyas, Fitriani Ramadani. Hubungan Antara Fleksibilitas dengan Delayed Onset Muscle Soreness pada Mahasiswa Ekstrakulikuler Karate Universitas Hasanuddin. [skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin, 2016.

Silvia, Harmai Nevi. Pengaruh kegel’s exercise terhadap kelemahan otot dasar panggul pada ibu post partum di RSIA sitti khadijah 1 makassar [skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin, 2012.

Shah, S. Pilates exercise. SPB Physiotherapy College, India. IJPR. 2013; 1:196-203.

Emery K, De Serres SJ, Mcmillan A, Cote JN. The effects of a pilates training program on arm, trunk posture and movement. Bristol,avon: Clinical Biomechanic; 2010; 25:124-30.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v13i1.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Kesehatan



Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.