PENYULUHAN PENGGUNAAN OBAT TRADISIONAL KEPADA LANSIA PUSKESMAS PALANRO KABUPATEN BARRU

Hendra Stevani, Mispari Mispari, Hesty Setiawati, Ratnasari Dewi

Abstract


Lansia merupakan salah satu kelompok masyarakat yang rentan terhadap penyakit, dan memiliki fungsi fisiologis yang berbeda dari manusia muda sehingga pola pengobatannya pun menjadi lebih hati-hati.  Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit dominan pada lansia di Puskesmas Palanro, meningkatkan pengetahuan masyarakat lansia dalam pengolahan tanaman mulai dari pengambilan hingga menghasilkan obat tradisional yang siap digunakan serta menyediakan Modul Pemilihan dan penggunaan obat tradisional yang mudah digunakan oleh masyarakat.  Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah kerja puskesmas Palanro Kabupaten Barru mulai bulan Agustus hingga Oktober 2016. Kegiatan ini dilaksanakan bersama petugas di puskesmas (PKM) Palanro dan diikuti oleh 54 orang lansia.  Inti dari kegiatan ini adalah pemberian penyuluhan, pemberian tanaman obat dan modul pengolahan tanaman obat untuk lansia.  Hasil dari kegiatan ini menunjukan peningkatan kemampuan swamedikasi obat tradisional pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Palanro untuk mengobati Diabetes Melitus, Hipertensi dan asam Urat,

Kata Kunci: Lansia, Obat Tradisional, Penyuluhan, Puskesmas Palanro.


Full Text:

PDF

References


Afa Kchaati Palu, dkk.2008. The Effects of Morinda citrifolia L Nonion High Blood Pressure: A Mechanistic Investigation and Case Study.American Chemical Society. Vol. 993, 446-453.

Alipor, B and Rad, A, H. 2012.A Review On The Therapiutical Effects Of Tea. Asian Jurnal of Nutrition. Vol 4. No 1, 1-15.

Anitha Roy, Geetha RV,and Lakshmi T. 2011. Averrhoa bilimbi Linn Nature's Drug Store a Pharmacological. International Journal of Drug Development and Reseach Volume 3. Issue 3, 101-106.

Azizah, LM. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Badan Pusat Statistik. 2008. Statistik Indonesia 2007. Jakarta: BPS

Corwin, Elizabeth J. 2009. Buku Saku Patofisiologi. Jakarta:EGC

Darmojo Boedi, M, H.2006. Geriatri.Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Darmojo, R.B., 2004. Pola Penyakit dan Keluhan pada Golonagan Penyukit pada Usia Lanjut agar Tetap Sehat dan Berkualitas. FK Undip Semarang, 2, 8-10

Nugroho, 2008. Keperawatan Gerontik, Edisi 2. Jakarta: Buku Kedokteran EGC




DOI: https://doi.org/10.32382/jpk.v1i1.1487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

indexing by

        

 

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats