PELATIHAN PEMBUATAN DESINFEKTAN LANTAI DENGAN BAHAN DASAR LIMBAH RUMAH TANGGA

St. Ratnah, Alfrida Monica Salasa

Abstract


Masyarakat perkotaan (urban community) adalah masyarakat yang hidup pada sebuah pemukiman yang penduduknya relatif besar, padat, permanen dan dihuni oleh orang yang heterogen. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah tingginya penyebaran penyakit yang disebabkan mikroorganisme yang berasal dari lingkungan seperti lantai, dimana permasalahan ini dapat diatasi dengan penggunaan desinfektan. Desinfektan adalah senyawa kimia yang memiliki sifat bakteriostatik maupun bakterisida. Kemampuan ini dapat diperoleh dari senyawa fitokemikal yang terdapat pada tanaman seperti kangkung dan bayam meskipun pada bagian yang tidak digunakan sebagai sayur (limbah rumah tangga organik). Dengan demikian limbah kangkung dan bayam dapat diolah menjadi desinfektan lantai. Pengabdian masyarakat dilaksanakan di RT 07/RW 09, Kelurahan Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar dengan  sasaran ibu-ibu rumah tangga dalam wilayah kerja daerah tersebut. Tahap pelaksanaan dilaksanakan 2 tahap yaitu sosialisasi dan alih teknologi pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi desinfektan lantai. 

Kata Kunci : Desinfektan lantai, limbah rumah tangga


Full Text:

PDF

References


Bibiana, L.W., 2002, Analisis Mikrobiologi, PT. Radja, Jakarta

Fajrian, A., Jubahar, J., Hardiana, K., 2017, Uji Aktivitas Fraksi Dari Ekstrak Akar Kangkung (Ipomoea aquatic Forsskal) Terhadap Bakteri Streptococcus mutans, Jurnal Farmasi Higea, Vol. 9, No. 2, Padang.

Fajriputri, H., 2014, Uji Koefisien Fenol Produk Antiseptik dan Desinfektan yang Mengandung Senyawa Aktif Benzalkonium Klorida, Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Humaira, L., Srikandi, Andriyanty, R., 2017, Pembuatan Pembersih Lantai (SNI 06-1842-1995) Dengan Bahan Aktif Dari Ekstrak Kulit Manggis Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Di Desa Barengkok Bogor, Jurnal Ethos Volume 5 No. 2, Bogor

Jamaluddin, A.N., 2017, Sosiologi Perkotaan, Pustaka Setia, Bandung

Limbong, Pranata, E., 2017, Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Bayam Merah (Athernanthera strigosa Hask.) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli, Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Schlegel, H.G., dan K. Schmidt, 1994. Mikrobiologi Umum, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Sudirman, S., 2011, Aktivitas antioksidan Dan Komponen Bioaktif Kangkung Air (Ipomoea aquatica Forsk.), Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Syaifuddin, 2015, Uji Aktivitas Antioksida Bayam Merah (Alternanthera amoena Voss.) Segar dan Rebus Dengan Metode DPPH (1,1-diphenyl-2-picylhydrazyl), Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang

Wirasutisna, K.R.,dkk, 2012, Telaah Fitokimia Daun Kangkung Air (Ipomoea aquatic Forsskal), Jurnal Acta Pharmaceitica Indonesia Vol. XXXVII, No. 2, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32382/jpk.v1i2.1887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

indexing by

     

 

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats