PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PELATIHAN PEMBUATAN BODY LOTION MINYAK SEREH SEBAGAI ANTI NYAMUK

Jumain Jumain, Asmawati Asmawati

Abstract


Demam berdarah Dengue (DBD) merupakan manifestasi klinik yang berat dari penyakit virus yang terjadi secara sporadik dan epidemik yang ditularkan di antara manusia dan primata lainnya melalui gigitan  nyamuk.    Daun Sereh banyak mengandung komponen minyak menguap (Volatile Oil) yang biasa di sebut minyak atsiri, yang berguna untuk Anti Nyamuk. Dewasa ini sediaan Anti Nyamuk yang banyak digunakan salah  satunya dalam bentuk Body Lotion yang  mengandung  bahan aktif dari tanaman seperti daun Sereh.  Program Pengabdian Kepada Masyarakat menjadi media bagi perguruan tinggi   untuk mendekatkan diri kepada masyarakat yang selanjutnya membantu memecahkan persoalan  yang dihadapi  masyarakat, dengan demikian, perguruan  tinggi menjadi lebih dekat kepada masyarakat sekaligus mempunyai keterkaitan yang bersifat mutualistik. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pelatihan pembuatan body lotion Minyak Sereh sebagai Anti Nyamuk, yang dilaksanakan di Kelurahan Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Kegiatan dimulai dengan membuat kerja sama dengan pihak kelurahan, melakukan peninjauan Lokasi pelaksanaan kegiatan. Selanjutnya dilakukan sosialisasi pada tanggal 1 juli 2020 dan pelaksanaan kegiatan pada tgl 02 Juli 2020 yang diikuti oleh peserta sebanyak 20 orang dari lingkungan masyarakat sambung jawa khususnya para kader posyandu. Sebelum  pemberian materi dan praktik pembuatan Body Lotion, terlebih dahulu dilalukan pretest untuk melihat tingkat pemahaman peserta tentang materi yang kan diberikan nantinya, dari hasil pretest diperoleh  hanya sekitar  25%  peserta yang mempunyai pengetahuan dan  keterampilan terkait produk Body Lotion Anti Nyamuk namun setelah dilakukan pelatihan dan praktik, selanjutnya dilakukan evaluasi kembali (posttest) di peroleh sekitar 80%  peserta memahami tentang materi yang diberikan dan terampil dalam  membuat produk Body Lotion Anti Nyamuk.

Kata Kunci : Masyarakat; Body Lotion; Minyak Sereh; Anti Nyamuk


Full Text:

PDF

References


Buletin Jendela Epidemiologi, 2010, Demam Berdarah Dengue, Vol.2, ISSN-2087-1546, Pusat data dan Surveilans Epidemiologi, Kementrian Kesehatan RI.

HarianaArief, H, Drs, 2009, Tanaman Obat dan Khasiatnya, Penerbit Swadaya Jakarta

Kardinan, Agus. MSC, APu, Ir, 2003, Mengenal lebih dekat tanaman pengusir dan pembasmi nyamuk, Argomedia Pustaka, Jakarta

Kurniawan. R, 2012, Pembuatan Body Lotion dengan Menggunakan Ekstrak Daun Handeuleum (Graptophyllum pictum L. Griff) Sebagai Emolient, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Jakarta.

Widoyono, 2011, Penyakit Tropis, Ed. II, Erlangga Medical Series, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32382/jpk.v1i2.1864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

indexing by

     

 

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats