PENGGUNAAN APD SAAT PENYEMPROTAN PESTISIDA DAN KADAR KOLINESTERASE DALAM DARAH PETANI DESA PASIRHALANG

Gita Nur Fajriani, Suci Rizki Nurul Aeni, Dika Adhi Sriwiguna

Abstract


Alat pelindung diri (APD) merupakan alat yang berfungsi untuk melindungi seseorang dengan cara mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. Petani merupakan salah satu pekerja yang membutuhkan APD dalam bekerja terutama saat menangani pestisida yang sifatnya beracun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan APD pada saat penyemprotan pestisida dengan kadar kolinesterase dalam darah petani di Desa Pasirhalang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan survei analitik cross sectional. Sampel terdiri dari 43 orang petani. Data penggunaan APD diperoleh dari hasil wawancara semi terstruktur dan data kadar kolinesterasi didapatkan dari pemeriksaan langsung menggunakan alat Tintometer Kit. Analisis hubungan antarvariabel menggunakan analisis chi-square dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian diperoleh 83,7% petani tidak mengenakan APD lengkap dan 16,3% mengenakan APD lengkap saat menyemprot pestisida. Berdasarkan pengukuran kadar kolinesterase, 14% petani mengalami keracunan ringan dan 86% normal. Hasil analisis chi-square menunjukkan nilai asym-sig 2-sided 0,017 (< α=0,05). Hal tersebut menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara penggunaan APD lengkap dengan kadar kolinesterasi dalam darah petani di Desa Pasirhalang Kabupaten Bandung Barat.


References


Alsuhendra, Ridawati. 2013. Bahan toksik dalam makanan. Latifah P, editor. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Badan Pusat Statistik, Subdirektorat Publikasi dan Kompilasi Statistik, editor. 2017. Statistik Indonesia 2017. Jakarta: Badan pusat statistik.

Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan. 2016. Program Penyuluhan Pertanian BP3K Kecamatan Cisarua Tahun 2016. Bandung: Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat.

Djojosumarto P. 2008. Pestisida dan Aplikasinya. Jakarta Selatan: PT Agromedia Pustaka.

Ipnawati PA, Setiani O, Darundiati YH. 2016. Analisis Faktor-faktor Risiko yang Mempengaruhi Tingkat Keracunan Pestisida pada Petani di Desa Jati, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Kesehatan Masyarakat 4(1): 427-435.

Kurniawan, Anggoro. 2009. Hubungan antara Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dengan Kejadian Keracunan Pestisida pada Petani Penyemprot Hama di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2008. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Marisa, Arrasyid AS. 2017. Pemeriksaan Kadar Pestisida dalam Darah Petani Bawang Merah di Nagari Alahan Panjang. Journal of Sainstek, 9(1): 14-18.

Minaka IADA, Sawitri AAS, Wirawan DN. 2016. Hubungan Penggunaan Pestisida dan Alat Pelindung Diri dengan Keluhan Kesehatan pada Petani Hortikultura di Bulengleng, Bali. Public Health and Preventive Medicine Archive, 4(1): 94-103.

Notoatmodjo S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prijanto TB. 2009. Analisis Faktor Risiko Keracunan Pestisida Organofosfat pada Keluarga Petani Hortikultura di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Raini M. 2007. Toksikologi Pestisida dan Penanganan Akibat Keracunan Pestisida. Media Litbang Kesehatan, 17(3): 10-18.

Runia YA. 2008. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keracunan Pestisida Organofosfat, Karbamat dan Kejadian Anemia pada Petani Hortikultura di Desa Tejosari Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Tesis: Universitas Diponegoro Semarang.

Susilowati, D. A., Suhartono, S., and Widjanarko, B., 2018. Faktor Pengetahuan dan Perilaku Petani Penyemprot yang Berhubungan dengan Kadar Serum Cholinesterase di Kabupaten Brebes. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas, 3(2): 63-67.




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v10i2.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats