IDENTIFICATION OF RHODAMIN B IN CHILI SAUCE LOCAL PRODUCTION SALE IN TRADITIONAL MARKETS IN MAKASSAR CITY

Widarti Widarti, syahida djasang

Abstract


Saos cabai dalam kemasan yang berwarna merah sangat diminati dimasyarakat  karena penggunaanya sangat praktis dan harganya murah. Para pedagang pada umumnya kurang menjaga kwalitas bahan makanan dan produk olahanya  karena ingin mendapatkan untung yang besar tanpa memikirkan akibat yang ditimbulkan karena mengkonsumsi produk yang dihasilkan. Saos cabai yang dikemas dalam botol dalam proses pembuatanya pada umumnya ditambahkan pewarna untuk lebih menarik penampilan produknya. Bahan pewarna yang ditambahkan dipilih yang berwarna merah.Rhodamin B adalah zat pewarna yang dilarang untuk makanan dan dinyatakan sebagai bahan berbahaya karena dapat menimbulkan gangguan pada fungsi hati, bahkan kanker hati. Tujuan Penelitian ini untuk menginentifikasi Rhodamin B dalam saos lombok produksi lokal yang beredar  di Kota Makassar dengan metode kromatografi kertas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya zat pewarna Rhodamin B yang terkandung dalam saos Lombok produksi lokal yang dijual  dibeberapa pasar tradisional Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan diambil sebanyak 6 sampel. Penelitian ini dilaksanakan pada 2018 di Laboratorium Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Makassar. Identifikasi Rhodamin B dilakukan dengan metode kromatografi kertas. Dari 6 sampel yang diperiksa ditemukan 5 sampel negative dan1 sampel mengandung  Rhodamin B . Disarankan kepada masyarakat agar lebih selektif dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.

References


Anonim 2015. Bahan Tambahan Pangan (food additive). EBOOKPANGAN.COM 2006., diakses pada 31 maret 2017

Anonim 2017. Bahaya Rhodamin B sebagai Pewarna Pada Pangan.pdf diakses pada 31 maret 2018

Anonim 2015 Sambal Pada Makanan Indonesia. Diakses pada 8 april 2018

Astuti R, 2010. Penggunaan Zat Warna”Rhodamin B” pada Terasi Berdasarkan Pengetahuan & Sikap Produsen Terasi di Desa Bonoang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang.(online) Websait http/Jurnal Unimus ac.id.

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM). 2012 Laporan Tahunan Balai Besar POM Bandar Lampung Tahun 2012. BBPOM. Lampung.

Butarbutar S, 2007.Analisa Kandungan Rhodamin B dan Natrium Benzoat pada Cabai Merah(Capsicum Amnum L.) Giling yang Di jual Dibeberapa Pasar di Kota Makassar Tahun 2007. Skripsi.Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat: UIN

Cahyadi, 2009. Analisis dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djarismawati, 2004. Zat Pewarna Berbahaya Rhodamin B. (online) www.academia.edu/6849864/Zat- Pewarna- Rhodamin B. Diakses pada april 2018

Devianti. 2009. Kandungan Rhodamin B PadaMakanan. (online) www.academia.edu/436368/Kandungan -Rhodamin- Pada- Makanan. Diakses tanggal 19 Mei 2018.

Syarifah F, 2002. Zat Warna Pada Makanan Paling Berbahaya Bagi Kesehatan. PT. Gramedia Pustaka

Hanny dan Noryawati 2008. Bahan Tambahan Pangan Pewarna. Jakarta:IPB Press

Ifu, A.L., Tamrin, dan Mantara S.2016. Analisis kandungan Rhodamin B Pada sambal botol yang diperdagangkan di pasar modern kota kendari (study hypermart dan mall mandonga). Kendari:, Jurnal Sains dan Teknologi Pangan. Vol.1,No.3,P.240-245

Menteri Kesehatan RI No. 772 Tahun 2009. Bahan Tambahan Pangan. Jakarta: Fokus Media

Yuliarti N. Awas Bahaya Di Balik Lezatnya Makanan. Jakarta: Penerbit Andi

Rohman. 2007. Karakteristik Rhodamin B.(online) www.wikipedia.org.co.id (diakses pada tanggal 15 maret 2018)

Hardjono S . 2007. Kromatografi. Yogyakarta : Penerbit Liberty.

Wijaya H. 2009 . Bahan Tambahan Pangan ; Pewarna. Bogor : Penerbit Kampus IPB Press.

Winarto. 1994 . Bahan Tambahan Untuk Makanan Dan Kontaminan. Jakarta: Penerbit Pustaka Sinar Harapan

Zainuddin D. 2012. Dampak Penggunaan Zat Pewarna Tekstil Rhodamin B pada Makanan. http://Dinazainuddin.blogspot.com/2012/12/dampak-penggunaan-zat-pewarna-tekstil.html?m=l (diakses pada april 2018)




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v10i2.1257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats