PERBANDINGAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA SAMPEL YANG MENGALAMI VARIASI LAMA PENUNDAAN PEMISAHAN

Novie Trisyani, Syahida Djasang, Zulfian Armah

Abstract


Mutu hasil pemeriksaan laboratorium klinik yang dikeluarkan harus terjamin keandalan dan kualitasnya, baik kualitas produknya maupun kualitas pelayanannya sehingga memenuhi harapan atau kepuasan pasien atau dokter. Permasalahan yang sering terjadi di laboratorium adalah pengumpulan sampel yang tidak dikerjakan dengan pemeriksaan langsung. Sampel mengalami penundaan dengan alasan-alasan tertentu. Kadar glukosa darah dapat mengalami proses penguraian atau proses glikolisis. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan Kadar Glukosa pada sampel yang mengalami variasi lama penundaan pemisahan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan melakukan pemeriksaan glukosa darah, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara simple random sampling didapatkan sebanyak 10 sampel pada tanggal 20 Februari - 6 maret 2019 di Laboratorium Kimia Klinik Poltekkes Kemenkes Manado. Berdasarkan hasil analisis Uji Anova diperoleh harga F hitung 7.130 dengan signifikansi (p) sebesar 0.003 < 0.05, yang artinya didapatkan hasil penurunan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kadar glukosa darah pada sampel yang mengalami variasi lama penundaan pemisahan. Diharapkan bagi para Ahli Tenaga Laboratorium Medik dapat memperhatikan tahapan pra analitik, agar sampel yang didapat segera diproses dan dipisahkan dari sel darah merah dan segera melakukan pemeriksaan

 

Kata kunci : Glukosa Darah, Penundaan Pemisahan, Pra Analitik

References


Agung A, Retnoningrum D., Edward I.K.S.L., 2017. Perbedaan Kadar Glukosa Serum dan Plasma Natrium Fluoride (NaF) dengan Penundaan Pemeriksaan. Jurnal Kedokteran Diponegoro, Semarang.

Anonim, 2008. Bagaimana Prodia Memberikan Hasil Pemeriksaan Yang Berkualitas, ed. 14. Smart Living. Jakarta, The Writers’ Guild.

Deddy Muchtadi, M.S., 2009. Pengantar Ilmu Gizi. Alfabeta, Bandung

Hasan, Irshan. 2006. Seminar & Road Show Prodia, Bijak Mengelola Kesehatan Kesejahteraan Keluarga. http://medicastore.com/index.php?mod=printPage&page=seminar&id=5

Hilda, Harlita T.D., Hartono A.R , 2011. Pengaruh Waktu Terhadap Hasil Pemeriksaan Kadar Glukosa Darah pada Penderita Diabetes Melitus. Jurnal Husada Mahakam vol. III No.2, hlm. 45-94, Poltekkes Kemenkes Kaltim.

Sacher, R. A. and McPherson, R. A., 2004. Tinjauan Klinis Hasil Pemeriksaan Laboratorium, edisi 11, Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Scanlon, V. C., 2006. Buku Ajar Anatomi dan Fisiologi Edisi 3. Buku Kedokteran EGC, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v11i1.1518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats