ANALISIS PERBANDINGAN KADAR TIMBAL (PB) DAN BESI (FE) DALAM DARAH PETUGAS PARKIR RUANG TERBUKA DENGAN RUANG TERTUTUP

Muhammad Nasir

Abstract


Timbal (Pb) danBesi (Fe) adalah unsure logam berat yang terdapat dalam kerak bumi, menyebar melalui aktivitas penambangan, kegiatan industri, emisi  kendaraan dan sebagainya lalu masuk kedalam system biologi mahluk hidup. Paparan akan Timbal (Pb) dan tidak dibanding dengan asupan zat Besi (Fe) yang cukup dapat mengakibatkan munculnya bebrbagai penyakit kronis, seperti Epilepsi, halusinasi, Anemia Defisiensi Besi, dll. Pemeriksaan terhadap petugas parker dilatarbelakangi karena mereka salah satu bidang pekerjaan yang beresiko terhadap paparan logamberat. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan alat SSA (Spektrofotometer Serapan Atom) guna mengetahui kadar paparan Timbal (Pb) dan Besi (Fe) dalam darah petuga sparkir yang nantinya akan dibandingkan antara petugas parker ruang terbuka dan ruang tertutup. Penelitian ini melalui tahap laboratory research dan menggunakan sebanyak 12 sampel (terbagi dua berdasarkan penempatan petugasparkir). Jenis penelitian ini yaitu adalah studikomparatif yang kemudian diolah dengan menggunakan uji statistic Uji T Dua Sampel Berbeda (Independent) dengan tingkat kemaknaanα = 0,05. Berdasarkan hasil uji statistic diperoleh kadar Timbal (Pb) sebesar 0.587116173 dan kadar Besi (Fe) sebesar 0.25529958. Seluruh nilai statistic Sig. (2-tailed) > nilai kemaknaan antara petugas parker ruang terbuka dengan ruang tertutup, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak adanya perbandingan kadar Timbal (Pb) dan Besi (Fe) dalam darah petugas parker ruang terbuka dengan ruang tertutup.


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2011. AAS (Atomic Absorbsion Spectroscopy). http://teknologikimiaindustri.blogspot.co.id/spektrofotometerserapan-atom-aas.htmlDiaksespadatanggal 8 januari 2017.

Anonim,2016. struksi. https://bisakimia.com/2016/05/09/destruksi/ Diaksespadatanggal 17 Januari 2017.

Anonim, 2014. Pembahasan AAS atau Spektroskopi Serapan Atom. https://bisakimia.com/2014/09/09/pembahasan-aas-atau-spektroskopi-serapan-atom/ Diaksespadatanggal 17 Januari 2017.

Anonim, 2015. ToksikologiTeori. Makassar. Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar.

Effendi, F. dkk. 2012. PenyakitAkibatKerja Karena LogamBerat. Jakarta :Direktorat Bina Kesehatan Kerjadan Olah raga Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Gandjar, I.G., danRohman, A. 2007. Kimia FarmasiAnalisis. Yogyakarta :PustakaPelajar.

Gusnita D. Pencemaran Logam Berat Timbal (Pb) di Udara dan Upaya Penghapusan Bensin Bertimbal. LAPAN :Peneliti Bidang Komposisi Atmosfer.

Katzung B.G, Masters, B.S., Trevor J.A., 2012. FarmakologiDasar&Klinik. Jakarta : PT. RinekaCipta. Cetakan ke-2.

Kalma, dkk. 2015. Panduan PenulisanSkripsi. Makassar.

Kiswari R., 2014. Hematologi&Transfusi. Jakarta :Erlangga.

Khopkar, S.M. 2003. KonsepDasar Kimia Analitik. Jakarta. UI-Press.

Kurniawan W., 2008. Hubungan Kadar Pb Dalam Darah Dengan Profil Darah Pada Mekanik Kendaraan BermotorDi Kota Pontianak. Semarang :Universitas Diponegoro.

Palar H., 2012. PencemarandanToksikologiLogamBerat.Jakarta :RinekaCipta. Cetakan ke-5.

Puji M., 2010. Hubungan Antara Paparan Gas BuanganKendaraan (Pb) Dengan Kadar Hemoglobin Dan EritrositBerdasarkan Lama KerjaPadaPetugas Operator Wanita SPBU Di Wilayah Semarang Selatan. UniversitasMuhammadiyah Semarang.

Ridhowati S., 2013. MengenalPencemaranLogam. Yogyakarta :GrahaIlmu.




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v1i1.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats