PERTUMBUHAN Salmonella sp PADA PRODUK MAKANAN

Zulfian Armah, Yaumil Fachni Tandjungbulu, Uci Sampe Padang, Ridho Pratama

Abstract


Telur asin banyak digemari oleh masyarakat Kota Makassar dan merupakan salah satu produk dari teknologi hasil ternak. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembuatan telur asin yaitu metode pemeraman. Dalam proses ini tentunya tingkat kebersihan masih sangat rentan sehingga diperkirakan peluang terkontaminasi beberapa jenis bakteri sangatlah besar khususnya bakteri Salmonella sp. Bakteri ini dapat meginfeksi saluran cerna, menimbulkan gejala klinis yang bervariasi bahkan apabila tidak tepat dalam penanganannya dapat menyebabkan kematian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat bakteri Salmonella sp pada telur asin mentah dan yang telah dimasak di Pasar Tradisional Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah observasi laboratorik untuk mengetahui apakah terdapat Salmonella sp pada telur asin mentah dan yang telah dimasak di Pasar Tradisional Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 16 sampel telur asin masak dan mentah dari 4 wilayah Pasar Tradisional Kota Makassar yaitu Pasar Pa’baeng Baeng, Pasar Hartaco, Pasar Sentral, dan Pasar Tello. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Laboratorium Bakteriologi Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar dapat disimpulkan bahwa ditemukan adanya bakteri Salmonella sp pada 2 sampel (12,5%) dari 16 sampel telur asin mentah dan masak di Pasar Tradisional Kota Makassar.

Kata Kunci : Salmonella Sp, Telur Asin Mentah, Telur Asin Masak

References


Amarantini, C. Asmara, W. Kushadiwijaya, H. Sembiring. L. 2009. Seleksi Bakteri Salmonella Typhi Dari Kultur Darah Penderita Demam Tipoid. Skripsi. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Darmawan, A. 2017. Identifikasi Salmonella sp pada daging ayam boiler di Pasar Tradisional kota makassar. program studi kedokteran hewan fakultas kedokteran universitas hasanuddin Makassar, 47.

Nugraha, A, 2012. Deteksi Bakteri Salmonella sp dan Pengujian Kualitas Telur Ayam Buras: Denpasar. Jurnal Indonesia Medicus Veterinus Vol.1 (3). 320-329 ISSN : 2301- 7848

Pertiwi, D., Sirajuddin, S., Najamuddin, U., Studi, P., Gizi, I., Kesehatan, F., Universitas, M. and Makassar, H. 2013 .Analisis Kandungan Zat Pewarna Sintetik Rhodamin B Dan Methanyl Yellow Pada Jajanan Anak Di Sdn Kompleks Mangkura Kota Makassar Analysis Of The Content Of Dye Synthetic Substances Rhodamine B And Methanyl Yellow In The Snacks Of Hasil Monitoring Dan Verif. pp. 1–14.

Putri, R. W. A. 2016. Identifikasi Bakteri Eschericia coli dan Salmonella sp. Pada Jajanan Batagor di Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Pisangan, Cirendeu, dan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur. Availableat:http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34228/1/RISNAiWAHYU ANANDA iPUTRI-FKIK.pdf.

Sartika D, Susilawati dan Gusman A. 2016. Identifikasi Cemaran Salmonella sp pada Ayam Potong dengan Metode Kuantifikasi di Tiga Pasar Tradisional dan Dua Pasar Modern di Kota Bandar Lampung. Jurnal Teknologi & Hasil Pertanian. 21(2) : 89-96

Sari IPE, Kardianti, dan Suamianti, 2012. Faktor resiko kejadian demam Tipoid di RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Waluyo, L, 2004. Mikrobiologi I Umum. Malang. UMM press




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v12i2.2460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats