GAMBARAN PEMERIKSAAN KADAR BILIRUBIN TOTAL PADA PENGONSUMSI MINUMAN BERALKOHOL

Rahma Wati, Waode Rustiah, Darmawaty Rauf, Kasturi Rais

Abstract


Minuman beralkohol merupakan minuman yang mengandung etanol dan zat adiktif atau bahan yang bila dikonsumsi dapat menurunkan tingkat kesadaran konsumen dan membuat seseorang ketergantungan. Dampak dari mengonsumsi alkohol secara berlebihan dalam waktu yang lama dapat merusak fungsi hati salah satunya bilirubin total. Bilirubin merupakan pigmen oranye-kuning yang berasal dari sel retikuloendotelial yang memecah hemoglobin dalam sel darah merah dan terbentuk melalui reaksi oksidasi reduksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kadar bilirubin total pada pengonsumsi minuman beralkohol. Jenis penelitian bersifat observasi laboratorik dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling yang menggunakan instrumen spektrofotometri. Sampel yang digunakan adalah sampel darah pengonsumsi minuman beralkohol di Desa Lampa Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang sebanyak 10 sampel. Dari hasil penelitian, didapatkan kadar bilirubin total meningkat sebanyak 5 orang dan hasil normal sebanyak 5 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dari 10 sampel yang diperiksa, 50% kadar bilirubin total meningkat dan 50 % kadar bilirubin total normal.

 


References


(Kemenkes), K. K. R. I., 2012. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012: Kesehatan Reproduksi Remaja., Jakarta: Badan Pusat Statistik Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Indonesia.

Amalia, S., Husada, B. T. & Cahyo, K., 2018. IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MENGKONSUMSI MINUMAN BERALKOHOL PADA ATLET SOFTBALL UNIVERSITAS “X” KOTA SEMARANG. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), pp. 179-184.

Badriah, 2018. Gambaran Kadar Bilirubin Total Pada Peminum Alkohol Di Desa Kalijati Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, Semarang: Karya Tulis Ilmiah: Jurusan Analis Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes.

Bhaswari, I. A. P. S. A., 2020. Gambaran Kadar Bilirubin Total Pada Peminum Minuman Beralkohol, Denpasar: Politeknik Kesehatan Kemenkes .

Conreng, D., Waleleng, B. & Palar, S., 2014. HUBUNGAN KONSUMSI ALKOHOL DENGANGANGGUAN FUNGSI HATI PADA SUBJEK PRIA DEWASA MUDA DI KELURAHAN TATELI DAN TELING ATAS MANADO. Jurnal e-CliniC, 2(2), pp. 5-12.

Djuma, A. W. & Kapa, Y. W., 2017. Perbandingan Kadar Bilirubin Direk Pada PengkonsumsiAlkohol Dan Yang Tidak Mengkonsumsi Alkohol. Jurnal Info Kesehatan, 15(2), pp. 428-434.

Mastra, N., Dewi, I. G. A. T. D. P. & Merta, I. W., 2016. KADAR SERUM GLUTAMATE PIRUVAT TRANSAMINASE PECANDU MINUMAN KERAS DI BANJAR AMBENGAN DESA SAYAN UBUD GIANYAR. MEDITORY (The Joyrnal Of Medical Laboratory), 4(2), pp. 82-93.

Mathindas, S., Wilar, R. & Wahani, A., 2013. Hiperbilirubinemia pada Neonatus. Jurnal Biomedik, 5(1), pp. 4-10.

Nugraha, G., 2015. Panduan Pemeriksaan Laboratorium Hematologi Dasar. Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.

Nugraha, G. & Badrawi, I., 2018. Pedoman Teknik Pemeriksaan Laboratorium Klinik. Jakarta: Trans Info Media.

Purba, D. & Aritonang, E., 2019. Analisa Kadar Bilirubin Total Pada Serum Penderita Tuberkulosis Paru setelah menggunakan Obat Anti Tuberkulosis selama 4 Bulan Di UPT RSKP Medan. Jurnal Analis Laboratorium Medik, 2(1), pp. 10-17.

SOP, 2022. Standard Operational Procedure Alat Erba XL 200. Pinrang: Rumah Sakit Umum Daerah Lasinrang.




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v14i1.3198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats