DETEKSI CANDIDURIA PADA PASIEN INFEKSI SALURAN KEMIH YANG MENGGUNAKAN KATETER DI RUMAH SAKIT LABUANG BAJI MAKASSAR

Widarti widarti, Mursalim Mursalim, St. Hadijah, Hasnawati Hasnawati, Mawar Mawar, Harlinda Harlinda

Abstract


Candiduria adalah ditemukannya Candida sp. pada urin. Ditemukannya Candida sp. dalam urin dapat menunjukkan adanya kontaminasi, kolonisasi, atau infeksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil deteksi candiduria pada pasien infeksi saluran kemih yang menggunakan kateter di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, serta jumlah sampel sebanyak 12 sampel. Penelitian ini dilakukan di laboratorium Mikrobiologi kampus Jurusan Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Makassar pada tanggal 13 Mei sampai 3 Juni 2022. Metode pemeriksaan yang dilakukan adalah kultur urin, perhitungan koloni (angka lempeng total), dan pemeriksaan mikroskopis koloni jamur. Dari 12 sampel, 6 diantaranya positif terdapat pertumbuhan jamur Candida spp dengan ciri koloni bulat, halus, dan berwarna putih. Presentasi angka kejadian candiduria sebesar 50% dengan jumlah koloni yakni 5,4x103, 4,4x104, 2,3x104, 4,4x105, 7,6x106 dan 8,4x106 CFU/mL. Candiduria lebih banyak terjadi pada perempuan (66,3%) dibanding laki-laki (33,3%). Hasil pemeriksaan mikroskopis di temukan pseudohifa dan blastospora. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa angka kejadian candiduria periode Mei 2022 di RS Labuang Baji Makassar pada pasien infeksi saluran kemih yang menggunakan kateter cukup tinggi yaitu sebanyak 50%, dan spesies jamur yang ditemukan yakni Candida spp.


References


Gajdács, M., Dóczi, I., Ábrók, M.,

Lázár, A., & Burián, K. (2019). Epidemiology of candiduria and

Candida urinary tract infections in inpatients and outpatients: Results from a 10-year retrospective survey. Central European Journal of Urology, 72(2), 209–214.

Ghasemi et al, R. (2020). Candiduria: Prevalence, Identification of Isolated Candida Species and Trends in Antifungal Susceptibility in Hospitalized Patients. Novelty in Biomedicine, 8(2), 71–76.

Nugraha Andri, Puspita Tantri, Iin Patimah, A. D. (2019). Cautis Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Gangguan Infeksi Karena Pemasangan Kateter Urin Teori Dan Aplikasi. Jakad Media Publishing.

Padawer, D., Pastukh, N., Nitzan, O., Labay, K., Aharon, I., Brodsky, D., Glyatman, T., & Peretz, A. (2015). Catheter-associated candiduria: Risk factors, medical interventions, and antifungal susceptibility. American Journal of Infection Control, 43(7)

Sahai, S., & Kumar, A. (2018). Role of Candida in Catheter Associated Urinary Tract Infection. International Journal of Current Research and Review, 10(20), 15–

Wahyudi, S. N. A. (2019). Studi Penggunaan Antibiotik Golongan Sefalosporin Pada Pasien Infeksi Saluran Kemih. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 15(2), 45–54.




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v14i1.3259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats