PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP KADAR PROTEIN DAN GLUKOSA URINE PADA IBU HAMIL TRIMESTER II DI PUSKESMAS PANAMBUNGAN

hasnawati hasnawati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi tentang pengawasan kesehatan pada ibu hamil karena  sebagian dari ibu hamil tidak pernah memeriksakan kehamilannya dengan berbagai alasan. Hal ini dapat menyebabkan gangguan selama kehamilan berjalan. Salah satunya adalah  mencegah terjadinya preeklampsiadan diabetes gestasional. Maka dari itu perlu dilakukan penyuluhan bagi ibu hamil untuk memberikan pengetahuan mengenai kehamilan  terutama tentang preklamsia dan diabetes gestasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap kadar protein dan glukosa urine pada ibu hamil trimester II di Puskesmas Panambungan. Penelitian ini bersifat observasional yang ditunjang dengan pemeriksaan laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan kadar protein dan glukosa urin setelah dilakukan penyuluhan dimana 34 (97,1%) ibu hamil memiliki kadar protein  urin   normal  dan 1 (2,9%)  yang tidak normal. Sedangkan kadar glukosa urin  ibu hamil 35 (100%)  normal,namun nilai signifikansi kadar protein urin adalah (asymp sig) > (0.555>0.05)  dan nilai signifikansi glukosa urin  adalah  p >  ( 0.151 > 0.05) menunjukkan tidak ada pengaruh penyuluhan terhadap kadar protein dan glukosa urin ibu hamil trimester II di Puskesmas Panambungan.  Disarankan untuk mencari metode penyuluhan yang efektif dan sesuai dengan ibu hamil  dengan mempertimbangkan kriteria yang lebih spesifik dalam menentukan derajat kesehatan pada ibu hamil

 

Kata Kunci : Penyuluhan, protein urin, glukosa urin

Full Text:

PDF

References


Al-Noaemi MC, Shalayel MHF. 2011. Pathophysiology of Gestational Diabetes Melitus: The Past, the Present and the Future. In Gestational Diabetes, Radenkovic M editor. InTech.:p91-114. Available from: http://www.intechopen.com/books/gestationaldiabetes/ pathophysiology-of-gestational-diabetes-melitus-the-past-thepresent-and-the-future (diakses 1 September 2017)

American Diabetes Association. 2015. Classification and Diagnosis of Diabetes. Diabetes Care.;38(Suppl. 1):S8-S16. DOI: 10.2337/dc15-S005.

Bawazier, L.A., 2006, Proteinuria dalam: Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam FKUI, edisi ke-4 jilid 1, Jakarta: Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit.

Bensley, R. J., Fisher, J. B. 2008. Metode Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

Cahyadi,Hary 2012, Kelainan Pada Urin.wordpress.com (diakses tanggal 2 September 2017)

Djaali, Muljono P. 2000, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo;.

Effendy. Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Buku Kedokteran EGC;

J. Etherington, D. K. James, 1993, Reagent strip testing of antenatal urine specimens for infection, BJOG an International Journal of Obstetrics and Gynecologyc.

Gandasoebrata, R.2010. Penuntun laboratorium Klinik, Edisi 16. Dian Rakyat.

Kaaja R, Ronnemaa T. 2008. Gestational Diabetes: Pathogenesis and Consequences to Mother and Offspring. Rev Diabet Stud.;

Karima, N. M., R. Machmud, Y. 2015. Affiliasi. Hubungan Faktor Risiko dengan Kejadian Pre- Eklampsia Berat di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Padang: Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.

Kurniawan, Liong Boy. 2016. Patofisiologi, Skrining, dan Diagnosis Laboratorium Diabetes Melitus Gestasional. CDK-246/ vol. 43 no. 11 th. 2016

Maulana, Hari D.J. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo S. 2010, Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta;

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. 2007. Jakarta: Rineka Cipta;

Pickett G, Hanlon JJ. 1995. Kesehatan Masyarakat Administrasi dan Praktik 9th ed. Trans. Mukti AG. Jakarta: EGC;

RISKERDAS. 2010. Badan Penelitian dan Pengenmbangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Jakarta

Tobing, Ade Dr. Spko,dkk. 2008. Care yourself: Diabetes Mellitus. Jakarta: Penebar plus

Saminem, Hajjah. 2008. Seri Asuhan Kebidanan Kehamilan Normal. Jakarta: EGC.




DOI: https://doi.org/10.32382/mak.v8i2.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 52 Banta-Bantaeng, Makassar, South Sulawesi, 90222  View on Google Maps

Email  :  mediaanalis@poltekkes-mks.ac.id

media analis kesehatan indexed by :

    

Protected By                             

                  

Media Reference Manager

 

 

Flag Counter

View My Stats