ESCHERICHIA COLI PADA CINCAU HITAM DI PASAR KATANGKA KOTA MAKASSAR

Dedy Maruf, Taufiq Dalming, Ifnur Ayu Fatimah Dinar

Abstract


Escherichia coli has the potential to be pathological for the body in certain levels. For instance, it easily grows Black Grass Jelly. The purpose of this study was to determine the contamination of Eschericia coli sold in the Katangka market in Makassar. Grass jelly was extracted in concentrations 10-1 10-2 10-3 and tested on lactose broth (LB) media, followed by affirmation on Eosin Methylene Blue Agar (EMBA) media. The results showed that the growth of Escherichia coli on the test media, and therefore, the Grass jelly samples in the Katangka market are contaminated with Escherichia coli bacteria.
Keywords: Escherichia coli, Black Grass Jelly, Katangka Market.

Escherichia coli dalam kadar tertentu dapat bersifat patologis bagi tubuh, salah satu media yang mudah ditumbuhi oleh Escherichia coli adalah Cincau Hitam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cemaran Escherichia coli yang dijual di pasar katangka kota Makassar. Penelitian dengan metode observasi terhadap cincau yang diperoleh dari pasar katangka kota Makassar. Cincau di ekstrak pada konsetrasi 10-1 10-2 10-3 dan diuji pada media lactose broth (LB), dilanjutkan dengan penegasan pada media Eosin Methylen Blue Agar (EMBA), hasil penelitian menunjukan adanya pertumbuhan Escherichia coli pada media uji sehingga dapat diisimpulkan Sampel cincau yang ada di pasar katangka tercemar bakteri Escherichia coli.
Kata kunci : Escherichia coli, Cincau Hitam, Pasar Katangka.


References


Arisman.2009.Keracunan makanan: buku Ajar ilmu gizi. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta

Astawan M.2011.Cincau Makanan Tradisional Unik. http://id.shvoong.com/ex Ctsciences/agronomyagriculture/001-cincau-Makanan tradisional-unik. Diakses pada 24 juni

Menteri Kesehatan.2010. Persyaratan Kualitas Air Minum. Permenkes RI No.492/MENKES/PER/IV/2010.

Radji M.2011. Buku Ajar Mikrobiologi: Panduan Mahasiswa Farmasi dan Kedokteran. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v15i2.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.