PENGELOLAAN OBAT PROLANIS PASIEN BPJS KESEHATAN DI APOTEK SANA FARMA MAKASSAR PADA PERIODE TAHUN 2018-2019

veronica Md, Rusli Rusli, Noer Widya Ningsih

Abstract


The drug management system is a series of activities carried out, such as planning, procurement, receipt, storage, distribution, control/reporting, and annihilation. The purpose of this study was to examine the supervision of drugs, especially in the Chronic Disease Management Program of healthcare BPJS patients in Sana Farma Pharmacy in Makassar. The research method used was descriptive qualitative, which was to obtain data from interviews and direct observation to analyze the drug management in the period 2018-2019. The respondents involved in this study were Pharmacists, the Manager (APJ), the Facility Owner (PSA), Technical Staff (TTK), and warehouse officers who were willing to respond to interview questions. The results of this study indicate that the drug management of the Chronic Disease Management Program has fulfilled SOP in Sana Farma Pharmacy in Makassar. The analysis of drug management in the period 2018-2019 shows that the drugs included in the planning of 2018-2019 were of the same amount and type. Drug storage based on the FEFO and FIFO system as well as temperature regulation.  Also, the drug distribution met the standards set by BPJS and SOP of Sana Farma Pharmacy. The process of drug control is carried out in minutes of the destruction and verification of recipes according to the applicable regulations.

Keywords: Analysis, Drug of Chronic Disease Management Program, Management of Sana Farma Pharmacy

Sistem pengelolaan obat merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan seperti perencanaan,pengadaan, penerimaan, penyimpanan,pendistribusian, pengendalian/pelaporan dan pemusnahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang pengelolaan obat khususnya pada obat Prolanis pasein BPJS DI Apotek Sana Farma Makassar.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data dari hasil wawancara dan observasi langsung untuk menganalisis pengelolaan obat Prolanis pasien BPJS  Kesehatan di Apotek Sana Farma Makassar pada periode tahun 2018-2019. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalahApoteker, APJ, PSA, TTK dan petugas gudang di Apotek Sana Farma Makassar yang bersedia menjawab lembar wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan obat Prolanis telah memenuhhi SOP di Apotek Sana Farma Makassar.Analisis pengelolaan obat Prolanis pasien BPJS  Kesehatan di Apotek Sana Farma Makassar pada periode tahun 2018-2019 menunjukkan bahwa obat yang masuk dalam perencanaan ditahun 2018-2019 jumlah dan jenisnya hampir sama, dalam memenuhi pengadaan obat Prolanis tergantung dari pembayaran BPJS yang telah di sepakati. Dalam penyimpanan obat Prolanis berdasarkan sistem FEFO dan FIFO serta pengaturan suhu.Proses pendistribusian obat Prolanis sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh BPJS dan SOP Apotek Sana Farma Makassar.Proses pengendalian obat Prolanis di Apotek Sana Farma Makassar dilakukan berita acara pemusnahan dan verifikasi resep dari pihak BPJS. Dalam proses pemusnahan di Apotek Sana Farma Makassar dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kata Kunci : Analisis, Obat Prolanis, Pengelolaan Apotek Sana Farma


References


Atmini, K., GandjaR, I., & Purnomo, A. (2011). Analisis aplikasi standar pelayanan Kefarmasian di Apotek kota Yogyakarta.

Putri, B., & Kartika, L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor.

Edris, M., & Lusianti, D. (2016). Analisis Operasional BPJS Kesehatan terhadap prinsip Ekonomi Syariah.

Rosdiana, A., & Rahardjo, B. S. (2017). Implementasi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS).

Lanathasya, & Nadjib, M. (2015). Gambar stock Out Obat Program Rujuk Balik bagi Peserta JKN di BPJS Kesehatan Jakarta Pusat Pada Agustus 201.

Mulyagustina, Wiedyaningsih, C., & Kristina, S. A. (2017). Implemetasi Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Jambi.

Kusmini, Satibi, & Suryawati, S. (2016). Evaluasi Pelaksanaan E-Purchasing Obat pada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Tahun 2015.




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v15i2.1129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.