PERANAN APOTEKER DALAM PEMBERIAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HAJI ANDI SULTHAN DAENG RADJA KABUPATEN BULUKUMBA

santi sinala

Abstract


Pelayanan Informasi Obat (PIO) di rumah sakit sangat diperlukan oleh pasien untuk memberikan jaminan pengobatan rasional, efektif, dan aman. Dengan terlaksananya PIO sangat menguntungkan bagi pasien maupun pihak rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang peranan apoteker sebagai pemberi informasi obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Haji Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini dilaksanakan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Haji Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba pada bulan April-Mei 2017. Jenis penelitian adalah deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 100 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan apoteker dalam pemberian informasi obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Haji Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba termasuk dalam kategori sangat baik (81,53%).

Kata kunci : Peranan apoteker, PIO


Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI, (2009). Tentang KesehatanUU No 36 Tahun2009, Jakarta: Kedokteran EGC, Jakarta.

Kemenkes RI, (2012). Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional, Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI, (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit.

Sugiyono, ( 2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R & D), Alfabet, Bandung

Surahman.M.E., dan Husen. R.I., (2011). Pharmaceutical Care, Penerbit Widya Padjadjaran Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v13i2.882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.