PENGARUH LATIHAN FISIK ZIG-ZAG RUN TERHADAP PERUBAHAN KELINCAHAN PEMAIN FUTSAL GALAXY FC DI SUDIANG MAKASSAR 2021

Fahrul Islam, Suriani Suriani, Hendrik Hendrik, Darwis Durahim, Muhammad Awal

Abstract


PENGARUH LATIHAN FISIK ZIG-ZAG RUN TERHADAP PERUBAHAN KELINCAHAN PEMAIN FUTSAL GALAXY FC DI SUDIANG MAKASSAR 2021

 

The Effect of Zig-Zag Run Physical Exercise on Changes in Agility of Galaxy Fc Futsal Players in Sudiang Makassar 2021

 

Fahrul Islam1; Suriani1; Hendrik1; Darwis Durahim1: Muhammad Awal1

1Jurusan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar

*corresponding author

 

 

 

RINGKASAN

Kelinchan merupakan kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan. Kelincahan sangat erat kaitannya dengan keseimbangan, karena atlet perlu untuk mengatur pergeseran dalam tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh latihan fisik zig-zag run terhadap perubahan kelincahan pemain futsal Galaxy Fc Sudiang Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-experimental dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest posttest design dengan variabel independent adalah latihan fisik zig-zag run dan variabel dependent adalah kelincahan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 20 orang yang yang diberi perlakuan berupa latihan fisik zig-zag run. Penentuan sampel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen atau alat pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Illinois Agility Run. Penelitian ini dilakukan selama  6 bulan, Februari- Agustus 2021.

Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh pemberian zig-zag run exercise terhadap perubahan kelincahan pemain Futsal Galaxy Fc Sudiang Makassar, dari niali pre test 18,269 menjadi 15,484 pada post test. Dari uji wilcoxon ada nilai beda rerata sebesar 2,5605 dengan nilai p=0,000 <0,05 yang berarti ada pengaruh yang bermakna pemberian zig-zag run exercise terhadap perubahan kelincahan dengan nilai 2,5605.

Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan ada pengaruh pemberian latihan fisik zig-zag run terhadap perubahan kelincahan pemain futsal Galaxy  Fc  Sudiang  Makassar.  Disarankan  pemain  Futsal  Galaxy  Fc  Sudiang Makassar untuk tetap melakukan metode zig-zag run exercise pada saat latihan untuk meningkatkan level kelincahan.

Kata Kunci : Zig-Zag Run Exercise, Kelincahan, Pemain Futsal


Full Text:

Full text

References


Akbar, K. S. R. (2006). Penerapan Teori Pohon Dalam Kajian Struktur Data. Insitut Teknologi Bandung.

Andela, P. (2013). Hubungan Power Lengan Otot dan Power Tungkai Dengan Hasil Kemampuan Loncat Harimau Pada Siswa Kelas VIII SMP IT Fitrah Insani Bandar Lampung. (Skripsi), Universitas Lampung Bandar Lampung, Bandar Lampung.

Bafirman. (2013). Kontribusi Fisiologi Olahraga Mengatasi Resiko Menuju

Prestasi Optimal. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3.

Bompa, T., & Buzzichelli, C. (2015). Periodization Training for Sports, 3E: Human kinetics.

Dumi et.all. (2015). Pengaruh Latihan Anaeorobik Terhadap Kelincahan Anak pada Usia 10-14 Tahun. (Post Graduate Thesis), Universitas Diponegoro, Semarang.

Fox, E. L., Bowers, R. W., & Foss, M. L. (1993). The physiological basis for exercise and sport: Brown & Benchmark.

Harsono. (2004). Perencanaan Program Latihan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

I Made Agus Wedana et.al. (2014). Pengaruh Pelatihan Zig-Zag Run Dan Lari 60 M Terhadap Volume Oksigen Maksimal. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 2(1).

IAAF. (2018). Principles Of Training. Retrieved 15 Februari, 2018, from www.iaaf.org

Irianto, D. P. (2002). Dasar Kepelatihan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Nawir, D. A. (2016). Pengaruh Latihan Kondisi Fisik Atlet Terhadap Fleksibilitas, Kelincahan, Kecepatan Dan Daya Tahan Umum Atlet Kontingan Bayangan Pon Xix-2016 Cabang Olahraga Beladiri Koni Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Notoadmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan (Vol. Cetakan ke dua). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Perpustakaanid. (2018). Ukuran Bola Futsal dan Ukuran Gawang Futsal Standar FIFA. Retrieved Maret, 2018, from https://perpustakaan.id/ukuran-bola- gawang-futsal/

Pyke, F. (2013). Coaching Excellence Champaign: Human Kinetics.

Riyadi, N. (2013). Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Bermain Futsal Pemain yang Menggunakan Lapangan Agung Futsal Arena Jatinom Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta Yogyakarta.

Sadoso, S. (1987). Petunjuk Praktis Kesehatan Olahraga. PT. Gramedia Jakarta. Sidik, D. Z. (2010). Prinsip Prinsip Latihan Dalam Olahraga Prestasi.

Sopiyudin, D. (2016). Besar sampel dalam penelitian kedokteran dan kesehatan. Jakarta: PT Arkans, 15-27.

Subekti, I. A. (2013). Ukuran Lapangan Futsal.




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v14i1.2855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Media Fisioterapi indexed by :

 

View My Stats

Flag Counter