FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN SENAM NIFAS

Andi Halimah, Anshar Anshar

Abstract


Masa nifas (puerperium) adalah masa pulih kembali, mulai dari persalinan  selesai  sampai  alat-alat  kandungan  kembali  seperti  pra-hamil, masa nifas ini yaitu 6-8 minggu (Rustam, 1998). Dalam masa nifas alat-alat genetalia interna maupun eksterna akan berangsur-angsur pulih kembali seperti keadaan sebelum hamil. Perubahan-perubahan alat genetalia ini dalam keseluruhannya disebut involusi (Sarwono, 2002).

Berdasarkan penelitian  yang pernah dilakukan terhadap  78 orang ibu nifas yang ada di Rumah Sakit Siti Khadijah Kabupaten Pinrang Makassar tentang manfaat senam nifas, hanya terdapat 4 orang ibu yang  mengetahui manfaat, sedangkan 74 lainnya tidak mengetahui manfaat senam nifas dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kesibukan dengan pekerjaan masing-masing (Abd. Latief S).

Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan yang diambil dari beberapa referensi dan diketahui ada beberapa faktor yang memengaruhi pelaksanaan senam nifas, yaitu : (1) faktor pengetahuan,  lebih banyak ibu nifas yang tidak mengetahui tentang manfaat dari senam nifas; (2) pendidikan,  pendidikan yang tinggi mempengaruhi pelaksanaan senam nifas dibandingkan yang pendidikan rendah; (3) kesehatan ibu akan lebih cepat pulih apabila melakukan senam hamil daripada yang tidak melakukan; (4) motivasi yang kuat mendorong seorang ibu untuk dapat melaksanakan senam hamil; (5) Faktor budaya mempengaruhi pelaksanaan senam nifas karena merupakan anggapan yang keliru terhadap perilaku ibu setelah melahirkan;  dan (6) Faktor tenaga kesehatan sangat berperan dalam pelaksanaan senam nifas, baik di Puskesmas, Rumah Sakit dan di Rumah.

Berdasarkan hasil tersebut didapatkan kesimpulan bahwa senam  nifas sangat bermanfaat untuk pemulihan kondisi ibu setelah melahirkan dan dipengaruhi oleh faktor pengetahuan, pendidikan, kesehatan ibu, motivasi, budaya dan peran dari tenaga kesehatan.

 

Kata kunci: senam, ibu nifas, senam nifas,

Full Text:

PDF Similiarity Check

References


Abdul Latief, 2006. Studi Tentang Pengetahuan Ibu Nifas terhadap Manfaat Senam Nifas di RS ST.Khadijah Kabupaten Pinrang Tahun 2006. Laporan Hasil Penelitian Poltekkes Makassar

Manuaba, 1999. Seputar Kesehatan Reproduksi. Penerbit buku Kedokteran. EGC. Jakarta

Mochtar, 1998. Sinopsis Obstetri. Penerbit Buku Kedokteran. EGC. Jakarta

Moekijat, 2002. Dasar-dasar Motivasi. CV. Pionir jaya. bandung

Notoatmodjo, 2007. Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Rineka Cipta. Yogyakarta

Sarwono, 2002. Ilmu Kebidanan. Bina Pustaka. Jakarta

Varney, 2006. Manajemen Kebidanan.




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v10i2.801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Media Fisioterapi indexed by :

 

View My Stats

Flag Counter