TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENGGUNA GIGI TIRUAN LEPASAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT KHUSUS DAERAH PROVINSI SULAWESI SELATAN

Nurhaeni Eni, Syamsuddin Abubakar

Abstract


Study ini meneliti tentang tingkat kepuasan pasien pengguna gigi tiruan lepasan terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut Provinsi Sulawesi Selatan, Jumlah sampel dalam penelitian inia dalah 30 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pengguna gigi tiruan lepasan terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut Provinsi Sulawesi Selatan, pengambilan sampel dilakuakan dengan metode accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/accidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan pendekatan cross sectional, dengan menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan melihat berbagai variabel yang akan diteliti diantaranya adalah kompetensi teknis (jaminan), efektifitas layanan kesehatan, efesiensi pelayanan kesehatan (daya tanggap), kenyamanan (tampilan fisik), hubungan antar manusia (empati). Dari hasil penelitian yang dilaksanakan di ruangan prosto dapat dilihat bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut Provinsi Sulawesi Selatan rata-rata sangat puas.

 

Kata kunci :Kepuasanpasien, kompetensi teknis (jaminan), efektifitas layanan kesehatan, efesiensi pelayanan (daya tanggap), kenyamanan (tampilan fisik), hubungan antar manusia (empati).


References


Andi Ika Anggraini. 2015. Kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi di poliklinik gigi dan mulut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Kabupaten Bone.Makassar.

Andi TriyantoPujo R. 2017.Desain prangkat analisis mutu pelayanan rumah sakit. Jurnal Simetris

Anna Aulia Rahmah. Gambaran tingkatkepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di poli gigi puskesmas mochamad Ramadhan Bandung.

Anonim, Gigi Tiruan Sebagian Lepasan Sumber. http://mawar putrijulica.wordpress.com/2009/05/04/gigi-tiruan-sebagian-lepasan/. (Diakses 13 Maret 2019)

Anonim, Gigi Tiruan Sebagian Lepasan Sumber. http://mawar putrijulica.wordpress.com/2009/05/04/gigi-tiruan-full-lepasan/. (Diakses 13 Maret 2019)

Azwar A.1980. Pengantar administrasi kesehatan. Jakarta : PT. Grafiti Mediko Pers.

Budiharto. 2004. Kemampuan dokter gigi dalam pelayanan. Jurnal Dentistry Indonesia

Chandra Chuanda, Vonny N. S. Wowor, Cristy Mintjelungan. 2014. Gambaran kepuasan pelayanan perawatan gigi tiruan lepasan berbasis akrilik pada masyarakat kelurahan Molas. Manado

Djoko RS. 2008.Sistem pembiyayaan pada pelayanan kesehatan gigi. Jurnal ilmiah dan kedokteran gigi FKG UPDM (B)

Jatuandomi, Paulina N. Gunawan, Krista V. Siagian. 2016.Alasan pemakaian gigi tiruan lepasan pada pasien poliklinik gigi di BLU RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.Manado; Jurnal e-GiGi (eG).

Kuntag, Jacobus Rico. 2012. Model Kualitas Pelayanan SERVQUAL (Parasuramaan) et al.

Niken E, Ayubi D. 2008. Hubungan kepuasan pasien bayar dengan minat kunjungan ulang di puskesmas wisma jaya Kota Bekasi tahun 2007. :Makara Seri Kesehatan

Niko Falatehan, Eddy Kusumah.2016.Gambaran tingkat kepuasan estetik dan fenotik pada pemakain gigi tiruan lengkap di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti.Cakradonya Dent J

Merryani E. Oroh, Sefti Rompas, Linnie Pondang. 2014.Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan keperawatan




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v18i2.1307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

View My Stats