GAMBARAN SIKAP DAN PERILAKU TERHADAP KARIES GIGI PADA SISWA SD INPRES PATTIRO KEC. MANUJU KAB. GOWA

Pariati Pariati, Wahyudin Wahyudin

Abstract


Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya karena akan mempengaruhi kesehatan tubuh keseluruhan. Sebagian besar masyarakat tidak menyadari awal mula timbulnya penyakit gigi dan mulut bersumber dari kesehatan rongga mulut secara menyeluruh. Hal ini dipengaruhi oleh faktor perilaku masyarakat yang kurang peduli akan kebersihan gigi dan mulut yang dijadikan suatu kebiasaan dan budaya. Karies gigi adalah penyakit infeksi dan merupakan suatu proses demineralisasi yang progresif pada jaringan keras permukaan mahkota dan akar gigi yang dapat dicegah. Prevalensi karies masih cukup tinggi di seluruh dunia, sehingga karies merupakan suatu penyakit infeksi gigi yang menjadi prioritas masalah kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan data awal yang telah dilakukan pada SD Inpres Pattiro Kec. Manuju Kab. Gowa,sebanyak 39 siswa yang diperiksa dan semua siswa mengalami karies. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Sikap dan Perilaku Terhadap Karies Gigi Pada Siswa SD Inpres Pattiro Kec. Manuju Kab. Gowa dengan melakukan metode penelitian deskriktif dengan pendekatan observasional dengan menggunaka kuesioner dan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa semakin baik sikap dan perilaku siswa maka cenderung semakin rendah pula tingkat keparahan kariesnya.

 

    Kata Kunci : Sikap, Perilaku, Karies Gigi


References


DAFTAR PUSTAKA

Agusta Maria V, Ismail Ade, Firdausy Muhammad D. Hubungan pengetahuan kesehatan gigi dengan kondisi oral hygiene anak tunarungu usia sekolah. Medali Jurnal. 2015. [ Skripsi ] Bagian Ilmu Kedokteran Gigi Anak Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin 2016.

Budiharto. Pengantar ilmu perilaku kesehatan dan pendidikan kesehatan gigi. Jakarta: EGC; 2013. Hal. 17-24.

Dorland WM. Kamus Kedokteran Dorland (Terjemahan). Edisi 31. Jakarta: EGC. 2010.

Fajerskov O, Edwina Kid. Dental caries the diases and its clinical management. 2nd ed. United Kingdom: Munksgaard Blackwell; 2008.

Kementrian Kesehatan RI. Riset kesehatan dasar RISKESDAS 2013. Indonesia: Kementrian Kesehatan RI. 2013.

Kidd Edwina, Joyston-Bachal Sally. Dasar-dasar karies: penyakit dan penannggulangannya. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2012: Hal. 14-16.

Notoadmodjo S. Promosi Kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rinneka Cipta; 2007. Hal. 133-148.

Ozdemir Dogan. Dental caries and preventive strategis. Jurnal of educational and instructional studies in the world. November 2014; 4(4): 20-24.

Putri Megananda H, Herijulianti Eliza, Nurjannah Neneng. Ilmu pencegahan penyakit jaringan keras dan jaringan pendukung gigi. Jakarta: Buku kedokteran EGC; 2009: 154-156

Prasetya Tri I. Meningkatkan keterampilan menyusun instrument hasil belajar berbasis modul interaktif bagi guru-guru IPA SMPN kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation. 2012; 1(2) : 106-112.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v19i1.1526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

View My Stats