GAMBARAN ORAL HYGIENE WANITA PASCA MENOPAUSE DI DESA JONJO KECAMATAN PARIGI KABUPATEN GOWA

Rini Irmayanti Sitanaya, Surya Irayani Yunus

Abstract


Menopause adalah suatu keadaan seorang wanita yang tidak mengalami menstruasi secara permanen atau berhentinya menstruasi selama 12 bulan atau satu tahun lamanya. Saat menopause terjadi penurunan produksi hormon estrogen dan progesteron. Penurunan level estrogen dan progesteron tersebut juga diiringi dengan perubahan klinis di rongga mulut yaitu beresiko mengalami gingivitis dan juga mempengaruhi oral hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran oral hygiene wanita menopause di Desa Jonjo Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan  merupakan penelitian dekriptif.

Penelitian ini dilakukan pada 30 orang perempuan menopause di Desa Jonjo Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Desember 2017. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan pemeriksaan OHI-S.

              Dari hasil penelitian yang dilakukan pada wanita menopause gambaran Oral Hygiene Index  Simplified (OHI-S) perempuan menopause di Desa Jonjo Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa sebagian besar termasuk dalam kategori buruk.

              Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan pada wanita menopause dapat disimpulkan sebagai berikut gambaran Oral Hygiene Index  Simplified (OHI-S) perempuan menopause di Desa Jonjo Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa sebagian besar termasuk dalam kategori buruk. Diharapkan kepada wanita menopause agar setidaknya menjaga kebersihan gigi dan mulutnya baik itu kontrol enam bulan sekali kedokter gigi terdekat baik puskesmas maupun klinik.


References


Aldilla Purani Putri. 2012. Pengaruh Status Menopause terhadap Burning Mouth Symdrome (BMS).

Alexa. 2013. Pengertian Oral Hygiene. http://www.psychologymania.com. Diakses tanggal 6 maret 2017.

Eusterman D,Vincent. Burning Mouth Syndrome.New England Dental Center.2009 ;2:124-135.

Hidayati, Rima Samiarti, Wenerli Septevani. 2010. Pengaruh Oral Hygiene pada Wanita Paska Menopause dengan Kejadian Gingivitis pada Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

Hestiantoro Andon dkk. Imperial Menopause PCOS Endometriosis Recurrent Misscarriage Invitro Fertilization Adolescent Gynecologi Uterine Bleeding. 2012. Jakarta. CV Sagung Seto.

Ida Farida. 2012. Cara Mengukur Kebersihan Gigi dan Mulut (OHI-S). http://www.idafarida.blogspot.com. Diakses pada tanggal 7 maret 2017.

Mieke. 2009. Food Debris. http://www.iqbalsandira.blogspot.com . Diakses pada tanggal 10 maret 2017.

Rindawakz. 2010. Cara Mencegah dan Mengatasi Karang Gigi. http://www.ridwanaz.com. Diakses tanggal 10 maret 2017.

Tanjaya, Justine-Elza I.A. IL-1β Genetic Polimorphism in Menopause

Women as Periodontal Disease Risk Factor. Journal of Dentistry Indonesia,

Theodora. Ibufrofen Pada Perawatan Enlargement Gingivitis; Journal of The Indonesian Dental Association; 2006: hal 53-100

Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan . Surabaya . PT Grasindo.

Siregar. 2013. Masalah kesehatan pada menopause. Jakarta. Balai penerbit FK UI.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v17i1.168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats