GAMBARAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DENGAN PENYULUHAN METODE STORYTELLING PADA SISWA KELAS III DAN IV SD INPRES MANGASA GOWA

Pariati Pariati, Jumriani Jumriani

Abstract


Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Kesehatan gigi dan mulut memiliki peran penting dalam fungsi bicara, pengunyahan, dan rasa percaya diri; Oleh karena itu kebersihan gigi dan mulut yang harus di jaga sebaik-baiknya. Salah satu penyebab timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut adalah fakor perilaku yang didasari oleh pengetahuan yang kurang pengetahuan akan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut yang akan meningkatkan insiden sipenyakit gigi dan mulut di usia dini. Berdasarkan survei awal di SD Inpres Mangasa Gowa, kelas 1-6 ternyata kelas lII dan lV mempunyai kesehatan gigi yang buruk. Tujuan penelitian mengetahui kesehatan gigi sebelum dan sesudah penyuluhan dengan metode bercerita.Jenis penelitian bersifat deskriptif dengan metode mendongeng . Sampel penelitian adalah Kelas l dan ll SD yang mungkin 49 orang. Hasil Penelitian yaitu pengetahuan kesehatan gigi sebelum dilakukan penyuluhan dengan metode strorytelling pada kelas III dan IV mempunyai kategori pengetahuan yang sama, yakni kategori sedang, sedangkan setelah dilakukan penyuluhan dengan metode strotytelling mempunyai pengetahuan yang sama pula yakni kategori baik.

Kata Kunci: Pengetahuan , Kesehatan Gigi, Bercerita


References


DAFTAR PUSTAKA

Amir A.B,2018,’’efektifitas pendidikan kesehatan gigi dengan metode dongeng dan peta pemikiran terhadap pengetahan kesehatan gigi pada siswa SDN menggarmas 1 grobongan’’[KTI] Politeknik kesehatan Semarang.

Aprilahz I, 2016, “Perbandingan Efektifitas Antara Metode Vidio dan Cerita Boneka Dalam Pendidikan Seksual Terhadap Pengetahuan Anak Prasekolah” [Skripsi] Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah 2016.

Arifah A.N, 2016, “Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Status Kesehatan Gigi Pelajar SMP/MTS Pondok Pesantren Ummul Mukminin” [Skripsi] Universitas Hasanuddin 2016.

Asnawiyah R, 2014 “Efektifitas Bercerita Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dalam Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” Jurnal Promosi Kesehatan Vol. 2 No.2. 2014.

Dani, D.E. (2013) “Pembentukan Karakter Anak Melalui Kegiatan Mendongeng.” Redaksi Jurnal HUMANIKA, 17:91.

Diyatama A, dkk, 2016, “Gambaran Penyuluhan Tentang Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Metode Bercerita Wayang Kartun Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa SD” Jurnal Gigi Dan Mulut Vol. 3 No.2 POLTEKES KEMENKES Jogjakarta.

Hartanti D, 2016, “Perbedaan Pengaruh Metode Cerita dan Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang Cara Perawatan Gigi di Paud Pertiwi dan Ardika Jaya Bekasi” [Skripsi] Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas islam Syarif Hidayatullah.

Pratiwi D, 2016, ”Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Perilaku Menggosok Gigi di TK Dharma Wanita IV Banjar Sengon Kabupaten Jember” [Skripsi] Universitas Jember.

Prihmantoro A.D, Dkk, 2017, “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi dengan Metode Bermain (bercerita) Terhadap Perilaku Menggosok Gigi Pada Anak Prasekolah” Jurnal Global Health Science Vol. 2 Issue.2 2017.

Rhamadan. 2016. ”Hubungan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Angka Karies Gigi Di Smpn 1 Marabahan”Dentino,Vol.1,No.2

Widasari,R.H.(2012)“Hubungan

Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas 5 SD se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul”. Skripsi. Yogyakarta: FIP UNY




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v19i2.1933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

View My Stats