HUBUNGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA MENGGUNAKAN BOTOL DENGAN RAMPAN KARIES PADA ANAK (STUDI LITERATUR)

Nurwiyana Abdullah, Munadirah Munadirah

Abstract


Susu formula bayi adalah cairan atau bubuk dengan formula tertentu yang diberikan pada bayi dan anak-anak, berfungsi sebagai pengganti ASI. Ada beberapa penyebab yang mempengaruhi kerusakan gigi pada anak, diantaranya penggunaan susu botol, banyak orang tua yang mengeluh banyak gigi anak kecoklatan, mahkota gigi yang rusak, bahkan terkadang sudah tinggal sedikit saja mahkota yang tersisa namun banyak para ibu yang tidak menyadari apa penyebab yang sesungguhnya terjadi pada gigi anaknya tersebut yaitu mengalami karies botol (rampan karies). Tujuan penelitian Untuk mengetahui hubungan minum susu formula menggunakan botol dengan rampan karies pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan/library research yaitu pengumpulan data yang berasal dari sumber data sekunder seperti jurnal, buku, karya tulis ilmiah, skripsi dan text book yang telah melakukan penelitian tentang hubungan pemberian susu formul menggunakan botol dengan rampan karies pada anak. Ada 6 hasil penelitian yang digunakan dan memiliki kesinkronan dari judul studi pustaka ini. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa terdapat hubungan pemberian susu formula menggunakan botol dengan rampan karies pada anak.

Kata kunci: Susu formula, Karies Botol, Rampan karies.


References


Achmad, M.H. 2016. Buku saku karies dan perawatan pulpa pada gigi anak. Jakarta: Sagungseto.

Elfi Zahara, Adriani (2018). Hubungan pemberian susu mengunakan botol dengan rampan karies pada murid Tk Hj. Cut Nyak Awan Gampong Lambaro kecamatan Ingin jaya kabupaten Aceh besar. Jurnal averrous, vol.2, No.1,2018. Jurusan keperawatan gigi poltekkes kemenkes Aceh.

Ghaitsa, dkk. 2017. Perbandingan indeks karies antara anak yang mengkonsumsi susu botol dengan tanpa botol usia 2-5 tahun. Dentino (jur. Ked. Gigi), vol.II, no 2, September 2017, hlm 205-210. Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Houwink, B, dkk. (1993).Ilmu kedokteran gigi pencegahan .Yogyakarta: Gadjahmada university press.

Kemenkes. “Info datin pusat data dan informasi kementerian kesehatan RI.Diakses September 2014. (www.depkes.go.id.infodatinpusatdatainformasikemenkesRI).

Lombo, Aprilia, dkk. 2015. Status karies anak usia prasekolah sekolah citra kasih yang mengonsumsi susu formula. Jurnal e-Gigi (eG), volume 3, nomor 1, Januari-Juni 2015. Manado: Program studi pendidikan dokter gigi fakultas kedokteran, universitas Sam Ratulangi Manado.

Machfoedz, Ircham. 2008. Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak-anak dan ibu hamil. Yogyakarta: Fitramaya.

Mariati, N.w. 2015. Pencegahan dan perawatan karies rampan.Jurnal Biomedik (JBM), Volume 7, Nomor 1, Maret 2015, hlm. 23-28. Manado:Program studi pendidikan dokter gigi fakultas kedokteran, universitas Sam Ratulangi Manado.

Mumpuni, yekti. dan Erlita Pratiwi. (2013). 45 masalah dan solusi penyakit gigi dan mulut. Yogyakarta: Rapha publishing.

Neilson, Joan. (1987). Perawatan bayi, tahun pertama. Jakarta: Arcan.

Rahmawati (2016). Pengaruh penggunaan susu botol terhadap terjadinya rampan karies pada anak Tk Al Bahra Kampung beru desa Bululoe kabupaten Jeneponto. Makassar: Jurusan keperawatan gigi Poltekkes kemenkes Makassar.

Sadimin, dkk. 2017. Faktor-faktor penyebab rampan karies pada siswa TK Pertiwi Jembunngan 1 kabupatenBoyolali. Jurnal kesehatan gigi vol.04, no.1, Juni 2017. Semarang: Jurusan keperawatan gigi Poltekkes kemenkes Semarang-Indonesia.

Sari, EP. 2017. Hubungan pemberian susu formula dengan karies gigi pada anak pra sekolah di Tk Daniyyah Kids. Akademi kebidanan Dharma Husada Pekanbaru.

Sartika, dewi. (2012). Hubungan lamanya pemberian susu formula dengan tingkat keparahan karies gigi pada anakusia 2-6 tahun”. Makassar: Fakultas kedokteran gigi Universitas Hasanuddin.

Setiaji, Bamandita Rahma. 2019. Apa bedanya rampan karies dengan rampan botol. Diakses 21 Juni 2019. (https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/beda-karies-rampan-dan-botol/).

Simkin, Penny. Dkk. (2007). Kehamilan, melahirkan, & bayi: panduan lengkap. Jakarta: Arcan.

Srigupta, A.A. (2004). Panduan singkat Perawatan gigi dan mulut. Jakarta: Prestasi pustaka publisher.

Tarigan, Rasinta. (2013). Karies gigi.Jakarta:EGC.

Winarno, F.G. (1990). Gizi dan makanan bagi bayi dan anak sapihan. Jakarta: Pustaka sinar harapan.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v19i2.1948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats