PEMUTIHAN GIGI MENGGUNAKAN BUAH PIR

Ellis Mirawati Hamid, Lucia Yauri

Abstract


Masyarakat sering tidak percaya diri ketika tersenyum dan berbicara akibat perubahan warna pada gigi yang mempengaruhi estetika. Gigi yang mengalami perubahan warna dapat memberikan kesan yang kurang indah pada penampilan dan meredam rasa percaya diri saat tersenyum. Faktor ekstrinsik dapat mempengaruhi terjadinya perubahan warna gigi seperti kuning, abu-abu atau coklat kehitaman misalnya konsumsi kopi dan teh juga intrinsik misalnya konsumsi air minum yang mengandung flour melebihi batas normal dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu bahan yang sering digunakan oleh praktisi dokter gigi untuk memutihkan gigi adalah Hidrogen peroksida. Pemakaian bahan ini dapat menimbulkan dampak berupa gigi sensitif dan iritasi pada  gingiva serta  jaringan lunak rongga mulut. Pada penelitian ini menggunakan buah pir sebagai bahanpemutih gigi karena mempunyai efek samping yang minim. Rancangan penelitian ini adalah eksperimental semu dengan menggunakan pre test dan post test with control group design, dengan besar sampel 50 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Tekhnik analisis data yaitu uji Paired  t-test untuk menguji perbedaan pH sebelum dan setelah pengolesan ekstrak buah pir pada gigi. Berdasarkan uji statistik independent sample t-test dengan nilai P 0,000 ( P < 0,05 ) menunjukkan terjadi perubahan warna gigi sebelum dan sesudah aplikasi ekstak buah pir.

 

Kata Kunci: Buah Pir, Pemutih Gigi, Estetika

 


References


Adiyanto IO. 2009.Pengaruh Lama Perendaman Gigi dengan Jus Buah Pir (Pyrus Communis) Terhadap Perubahan Warna Gigi padaProses Pemutihan Gigi Secara Invitro.

Avalaible from URL : http://eprints.undip.ac.id/14222/1/Intanoktavianaadiyanto.pdf.

Al-Magassary A. 2013. Kandungan Buah Pir. Avalaible from URL : http://www.e-jurnal.com/2013/12/Kandungan-Buah-Pir.html?m=1.

Aryulina. (dkk) 2004. Biologi 2. Jakarta : Erlangga. P.169.

Ciptawening AP. 2014. Efektifitas DaunStoberi Terhadap Pemutihan Gigi pada Penghuni Kost Qkan Tirto Agung Barat 4C Semarang[Skripsi]. Universitas Diponegoro Semarang.

Grossman LI. (dkk) 1995. Ilmu Endodontik Dalam Praktek ed11. Jakarta:EGC. P.295-297.

Hendari R. 2009.Pemutihan Gigi(Tooth-Whitening) pada Gigi yang Mengalami Pewarnaan. Journal; vol XLIV (188): p.66-73.

Meizarini A, Rianti D. 2013. Bahan Pemutihan Gigi dengan Sertifikat ADA/ISO. Dentistry Journal; vol 38 (2): p.74-76..

Pusparatri RA. 2014. Metode Bleaching untuk Pemutihan Gigi. Avalaible from URL: http://www.SeputarGigi.com/site/index.php?option=com_content&view=article&id=98:Metode-Bleaching.

Rahmat M. 2010. Perbedaan Warna Email Gigi Setelah Aplikasi Buah Stroberi dan Karbamid Peroksida. Universitas Hasanuddin Makassar.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v20i1.2194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats